Jumat, September 20, 2024

RAGAM INOVASI TIGA KELURAHAN DI PPT DINILAI TIM PKK KOTA

More articles

PADANG PANJANG, dutametro.com – Berbagai inovasi dalam program pokok PKK dari tiga kelurahan yang ada di Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) dinilai Tim Penggerak PKK Kota Padang Panjang, Rabu (4/8/2024).

Dipimpin Penjabat (Pj) Ketua PKK Kota, Sri Hidayani Sonny, S.E.Ak, penilaian dilakukan di Kelurahan Sigando, Ekor Lubuk dan Guguk Malintang.
“Ini merupakan hari kedua kita melakukan penilaian Gerakan PKK Tingkat Kota. Kemarin di Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB) dan hari ini di PPT,” kata Sri Hidayani.

Pihaknya melakukan penilaian terhadap 10 Program Pokok PKK yang ada di kelurahan, baik itu di bidang sekretariat maupun di empat pokja lainnya.

Sekretariat akan dinilai administrasinya, Pokja 1 Pola Asuh Anak dan Remaja, Pokja 2 Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Pokja 3 Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (Aku Hatinya) PKK. Serta Pokja 4 dengan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Usai pengecekan administrasi tim langsung meninjau ke lapangan.

“Kelurahan mana yang bisa memenuhi semua indikator dan poin penilaian akan mewakili Padang Panjang untuk dinilai di tingkat provinsi,” sampainya.

Kelurahan Sigando menjalankan program Semai Benih (Semangat Maju Ingin Benahi Administrasi Lebih Baik). Untuk Pokja 1 mereka memiliki program gotong royong. Kampung Mandiri Mata Air untuk Pokja 2. Pokja 3 programnya dinamai Sarah (Sabun Ramah Lingkungan). Pokja 4 mereka memiliki program Ayam Berkokok di Rumah (ayo masyarakat berhenti/tidak merokok di dalam rumah).

Sementara itu, di Ekor Lubuk program yang digalakkan di Pokja 1 simulasi penghapusan KDRT. Pokja 2 Gerakan 1 Jam Membaca. Pokja 3 dengan program Jakaba (Jamur Keberuntungan Abadi). Pokja 4 imunisasi balita posyandu.

Sedangkan Guguk Malintang juga memiliki empat inovasi. Pokja 1 Paredi pola asuh anak pengolahan limbah. Pokja 2 Gebyar Pelatihan dan UP2K Melati. Pokja 3 inovasinya pemanfaatan minyak jelantah menjadi sabun cuci kain dan Berpakaian Sesuai Adat Syariah dan Agamo (Basamo).

Pokja 4 Anting Donat Gulali (Atasi Stunting dengan Donasi Telur Gumala Peduli) serta pembuatan kolam ikan untuk memberikan ikan kepada keluarga yang kurang mampu. …. (Pulkani/cigus)

- Advertisement -spot_img

Latest