Selasa, September 17, 2024

Gubernur Ajak DPRD Kota Solok Maksimalkan Potensi Lokal untuk Kemajuan Kota

More articles

Padang, Dutametro.com – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, meminta seluruh Anggota DPRD Kota Solok periode 2024-2029 dapat menjalankan fungsi legislasi dengan baik, demi terwujudnya Kota Solok yang lebih maju di masa depan. Hal itu disampaikan Gubernur saat memberi arahan pada pembukaan Orientasi Anggota DPRD Kota Solok di Hotel Truntum Kota Padang, Minggu (10/08/2024).

“Kami atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) mengucapkan selamat atas pengambilan sumpah dan janji bapak/ibu sebagai Anggota DPRD Kota Solok. Tentunya, kita berharap dilantiknya bapak/ibu akan memberikan dampak kemajuan yang lebih baik untuk Kota Solok ke depan,” ujar Mahyeldi.

Mahyeldi menekankan, agar seluruh anggota legislatif mampu melihat posisi dan kondisi Kota Solok sebagai kota perlintasan yang memiliki banyak potensi yang baik untuk dikembangkan. DPRD dalam hal ini, bersama Kepala Daerah yang memimpin Pemko Solok ke depan, harus dapat memaksimalkan segenap potensi tersebut.

“Seperti halnya tagline Kota Solok sebagai Kota Serambi Madinah, maka kami menyarankan agar setiap bulan ada kegiatan keagamaan yang menciptakan keramaian di Kota Solok, dan itu bisa dipusatkan di Masjid Agung yang cukup luas. Langkah ini perlu dipikirkan, agar banyak orang datang ke Kota Solok, dan tinggal di Kota Solok dalam beberapa hari,” ujar Mahyeldi menyarankan.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua Sementara DPRD Kota Solok, Fauzi Rusli menyebutkan bahwa masa orientasi yang tengah dijalani bersifat sangat penting dan wajib diikuti oleh seluruh Anggota DPRD Kota Solok. Orientasi tersebut, dinilai sebagai tugas penting sebelum melangkah lebih lanjut dalam menjalankan tugas sebagai anggota legislatif di Kota Solok.

“Perlu kami sampaikan kepada Bapak Gubernur, komposisi DPRD Kota Solok saat ini berjumlah 20 orang, di mana 11 orang merupakan Anggota DPRD Petahana dan 9 orang berstatus Anggota DPRD baru. Kami berterima kasih kepada BPSDM Sumbar dan Sekretariat DPRD Kota Solok, yang bersedia memfasilitasi orientasi ini, sehingga kami dapat belajar dan memahami fungsi dan tugas yang harus kami emban,” ucap Fauzi.

Ada pun Kepala BPSDM Sumbar, Desniarti, dalam laporannya menyebutkan, orientasi terhadap Anggota DPRD Kota Solok 2024-2029 bertujuan untuk membekali para Anggota DPRD dalam untuk memahami ruang lingkup, fungsi, tugas, dan wewenang sebagai anggota dewan. Sekaligus meningkatkan wawasan kebangsaan, dan memahami kode etik DPRD. (adpsb/isq)

- Advertisement -spot_img

Latest