Kamis, September 19, 2024

Tingkatkan Kapasitas, Pengurus PKK se- Kota Padang Dibekali Bimtek

More articles

Padang- Mengembangkan kapasitas Tim Penggerak dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Pengurus PKK se-Kota Padang dibekali Bimbingan Teknis di salah satu hotel, Selasa (17/9/2024). Bimtek secara resmi dibuka oleh Ketua TP- PKK Sumatra Barat, Ny. Harneli Mahyeldi.

Ny. Harneli Mahyeldi menyebut PKK peduli terhadap permasalahan yang terjadi di sekitar.

“Kita berharap keberadaan PKK benar-benar dirasakan dan dapat meminimailisir angka permasalahan yang terjadi di masyarakat,” sebutnya.

Sementara itu, Plh Sekdako Didi Aryadi menyebut Bimtek yang digelar akan menambah kualitas dan intensitas anggota PKK Kota Padang. PKK sebagai mitra pemerintah dalam menyukseskan pembangunan merupakan wujud nyata dalam gerakan nasional untuk pembangunan keluarga.

“Pemerintah daerah akan kuat dan efektif apabila didukung oleh seluruh komponen masyarakat, salah satu lembaga kemasyarakatan yang telah ada dan diakui manfaatnya bagi masyarakat terutama dalam upaya meningkatkan keberdayaan dan kesejahteraan keluarga, adalah gerakan PKK,” sebutnya.

Ia menambahkan, keberadaan kelompok PKK dan Dasawisma menjadi sangat penting dan lebih strategis, karena dasawisma adalah unit terdepan dalam gerakan PKK.

“Apabila kelompok dasawisma ini berfungsi dengan baik, kita akan mendapatkan data-data keluarga yang akurat dan sebagai salah satu wadah bagi masyarakat untuk melaksanakan kegiatan dan berinteraksi secara langsung dengan anggota kelompok dasawismanya,” katanya.

Didi menjelaskan, hakekatnya tim penggerak PKK itu memiliki 10 program pokok PKK yang perlu dilaksanakan bersama, kemudian dalam pelaksanaanya tim penggerak PKK berkoordinasi dengan dinas/instansi pemerintah maupun lainnya.

“Kegiatan bimbingan teknis ini diikuti dengan serius diharapkan agar pengurus dapat meneruskan ilmunya kepada pengurus dan kader-kader PKK lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu dalam eksposnya, Ketua Bidang II TP PKK Kota Padang Ny. Izzati Mursalim mengatakan, sejauh ini TP PKK Kota Padang telah melakukan peningkatan kegiatan seluruh Pokja PKK dari tingkat kota hingga kecamatan dan kelurahan.

“Insya Allah, kita akan terus aktif dan bergerak dalam pemberdayaan kesejahteraan keluarga sesuai 10 program pokok PKK di tengah masyarakat. Kami juga bersyukur kembali meraih juara umum lomba gerakan PKK tingkat provinsi di tahun 2024. Semoga tahun depan kita dapat meraih untuk yang ketiga kalinya,” ujarnya saat mewakili Ketua TP-PKK Kota Padang.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan hadiah bagi pemenang lomba geralan PKK tingkat Kota Padang, juara I Kelurahan Koto Pulai, juara II kelurahan Kampung Pondok, juara III Pulau Aia Nan XX, harapan I Kelurahan Batang Arau, harapan II kelurahan Indarung.

Sementara itu, lomba dasawisma, juara I Koto Panjang Ikua /Nuansa Indah, juara II Sungai Sapiah/Kunyik Putih, juara III Surau Gadang/Kirana XIV, harapan I Banda Buek/Rosela, harapan II Flamboyan Baru/Hidayah.

Pada lomba kader posyandu berprestasi, juara I Ujung Gurun/Dahlia I, juara II Banuaran Nan XX/Cempaka Putih 3, juara III Sawahan Timur/Melati V, harapan I Lubuk Buaya/Bougenville VII, harapan II Kapalo Koto/ Sehat Sejahtera IV. (MA)

- Advertisement -spot_img

Latest