Minggu, September 8, 2024

Festival Maek 2024 Dibuka, Gubernur Sumbar dan Bupati Limapuluh Kota : Terima Kasih Pak Supardi

More articles

Limapuluh Kota,dutametro.com.-Festival Maek 2024 Dibuka, Gubernur Sumbar dan Bupati Limapuluh Kota : Terima Kasih Pak Supardi.Festival Maek ini, Maek siap menjadi destinasi wisata arkeolog global, dan Insya Allah masyarakat Maek siap menyambut para arkeolog dunia, terimakasih kepada Bapak Supardi yang sudah mengangkat acara ini, dan terimakasih juga kepada seluruh pihak yang  menjadikan Maek mendunia.

Hal ini diungkap kata Efrizal.Walinagari Maek Efrizal dalam sambutannya pada acara pembukaan Festival Budaya Maek dilapangan bolakaki Maek, Rabu malam, (17 Juli 2024).

Efrizal juga menyampaikan, jika ada hal-hal yang kurang berkenan mohon dimaafkan, karena tidak semua aspirasi yang dapat di akomudir.

“Semoga kegiatan festival budaya Maek ini akan terus bergilir setiap tahunnya dalam rangka meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat nagari Maek,” ungkapnya.

Festival Maek ini merupakan salah satu strategi dalam mengangkat potensi besar nagari Maek bernama Menhir. Direktur Festival Doni Eros berharap Maek bisa membuka tabir tentang peradaban ini.

“Menhir bukan hanya batu saja, tetapi ada misteri peradaban yang ternyata mengundang dunia untuk melihat Maek. Ada dari Jerman, Mesir, Singapura dan sejumlah arkeolog yang hadir pada malam ini,” kata Direktur Festival Doni Eros.

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin sangat mengapresiasi kegiatan Festival Maek ini. Pemkab Limapuluh Kota komit untuk terus mengembangkan Menhir sebagai potensi besar yang harus dikenal dunia.

“Insya Allah Festival Maek akan menjadi agenda tahunan Limapuluh Kota, sehingga Maek mendunia,” kata Safaruddin.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat, yang diwakili oleh Kadis Kebudayaan, Jefrinal Arifin mengungkapkan Festival Maek sebagai pintu masuk menggali asal usul nenek moyang manusia. Peradaban di Maek diperkirakan sudah ada sejak 4000 tahun SM.

“Maek bukan hanya sekedar festival namun menjadi ajang untuk memperkenalkan Maek di pentas peradaban dunia, terimakasih pak Supardi atas prakarsanya mengangkat acara ini,” kata Kadis Kebudayaan yang mewakili Gubernur Sumbar.

Festival Maek resmi ditabuh, Rabu (17/7/2024) malam. Diawali dengan penampilan tari tentang menhir yang dibawakan oleh Anak Nagari Maek, beserta koreografer dari Indonesia, Jerman dan Australia.

Tari itu menggambarkan tentang situs asal muasal situs menhir yang menjadi sejarah peradaban dunia yang kini masih menjadi misteri.

Puncak Festival Maek ini digelar di Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota 17 sampai dengan 20 Juli 2024. Berbagai diskusi dan atraksi seni berbagai provinsi ditampilkan selama 4 hari tersebut.

Dalam pembukaan Festival Maek ini, dihadiri oleh ribuan masyarakat Limapuluh Kota dan Payakumbuh. Masyarakat antusias untuk mengikuti seluruh rangkaian acara.

(Humas DPRD Sumbar)

- Advertisement -spot_img

Latest