Kamis, September 19, 2024

Bupati Eka Putra Resmikan MTs Surau Qur’an Boarding School 

More articles

Batusangkar – Dalam rangka mendukung lahirnya generasi yang unggul melalui peningkatan Sumber Daya Manusia, Bupati Tanah Datar Eka Putra resmikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Surau Qur’an Boarding School Nagari Simpuruik Kecamatan Sungai Tarab, Rabu (18/9/2024).

MTs Surau Qur’an Boarding School yang merupakan lembaga pendidikan Islam tersebut diprakarsai oleh Yayasan Rahmah Jannatul Wahab, dan telah memulai pembelajaran untuk tahun 2024/2025 dan kembali membuka penerimaan siswa baru di mulai 1 September 2024.

Dalam sambutannya Bupati Eka Putra mengatakan, Pemerintah Tanah Datar mempunyai kepedulian dan perhatian yang tinggi terhadap sektor pendidikan karena merupakan salah satu motor penggerak dalam pembangunan, bukan hanya kekayaan alam tetapi juga kekayaan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Menciptakan SDM yang berkualiatas harus dimulai dengan membenahi dan memberikan perhatian yang tinggi pada sektor pendidikan, salah satu mendukung berdirinya MTs Surau Qur’an Boarding School di Nagari Simpuruik,” kata Bupati.

Perhatian tersebut, tambah Bupati, selain mendukung adanya lembaga pendidikan salah satunya dengan memberikan fasilitas biaya pendidikan melalui Baznas Kabupaten Tanah Datar dan Bantuan Dana Sosial Kabupaten Tanah Datar.

Selanjutnya Bupati juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Yayasan Rahmah Jannatul Wahab karena melalui MTs ini telah turut serta mensukseskan program satu rumah satu hafidz.

“Insya Allah dengan hadirnya MTs ini akan menambahkan semangat baru bagi kita dan seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Datar untuk mengajak keluarganya belajar di MTs Surau Qur’an Boarding School ini, untuk menciptakan generasi unggul generasi yang taat kepada Allah SWT dan siap untuk menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045 mendatang,” harap Bupati.

Sebelumnya selaku Pembina Yayasan Fadly Amran, B.B.A Datuak Paduko Malano menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah dan semua pihak untuk berdirinya MTs Surau Qur’an Boarding School.

“Alhamdulillah berkat dukungan pemerintah daerah dan semua pihak telah bisa diresmikan MTs untuk tahun ajaran 2024/2025 ini terkhusus dengan telah diterbitkan SK izin operasional oleh Kementerian Agama,” ucapnya.

Fadli tambahkan, dengan telah beroperasi MTs Surau Qur’an Boarding School ini bisa mengembalikan marwah orang Minangkabau untuk menciptakan pemimpin besar seperti zaman dulunya.

“Orang Minangkabau dulunya belajar, mengaji bahkan tinggal di Surau dan akhirnya melahirkan ulama dan pemimpin-pemimpin pemikir bangsa, untuk itu kami mendirikan MTs berupa Pesantren untuk menciptakan pemimpin bukan pekerja didasari dengan iman dan taqwa,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Syafruddin menjelaskan Yayasan Rahmah Jannatul Wahab mengemban visi misi yaitu untuk bagaimana menciptakan anak-anak muda yang betul-betul nanti presentasi menjadi pemimpin bangsa yang tentunya kuat iman dan taqwa, dan tentunya melalui pengetahuan dan teknologinya melalui penerapan nilai-nilai Qur’an.

“Tantangan dunia ke depan tentu sangat besar apalagi dengan perkembangan dunia yang sangat cepat. Perkembangan dunia itu tentu tak bisa dihindari malah justru kita yang harus menyesuaikan. Surau Quran hadir untuk mempersiapkan generasi ke depan dalam menjawab tantangan dunia modern dengan menciptakan generasi yang tak hanya baik secara ilmu tapi juga baik secara akhlak dan karakter, yang di tempah di Surau seperti tokoh-tokoh Minangkabau dulunya,” ulasnya.

Dia juga sampaikan untuk saat ini jumlah siswa sebanyak 24 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 12 perempuan yang mulai dari tanggal 24 juli 2024 lalu.

Tutut hadir dikesempatan tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sumbar, Wakil Bupati Tanah Datar, Kepala Kemenag Sumbar, para pimpinan universitas, Camat, Wali Nagari, Pengurus Yayasan dan undangan lainnya.

- Advertisement -spot_img

Latest