Minggu, September 8, 2024

Jamba Bundo Kanduang Meriahkan Peringatan 31 Tahun Lubuk Basung Sebagai Ibukota Kabupaten Agam

More articles

Agam, dutametro.com-Bupati Agam Dr H Andri Warman MM beserta jajaran dan tamu undangan menikmati makan bajamba usai upacara peringatan 31 tahun Lubuk Basung sebagai ibu kota Kabupaten Agam.

Acara makan bajamba tersebut diadakan di Balairung Rumah Dinas Bupati Agam, Jumat (19/7).

Sebanyak 200 jamba diarak dengan tambua tansa oleh para Bundo Kanduang Kabupaten Agam, sejauh 600 meter dari depan Kantor Bappeda Agam menuju kediaman Bupati Agam.

“Arak-arakan yang panjang ini menjadi pemandangan tersendiri bagi masyarakat. Barisan ratusan Bundo Kanduang yang menjunjung jamba merupakan pemandangan yang membanggakan dan membuat rangkaian peringatan semakin semarak,” ujar Bupati.

Bupati Agam menyampaikan rasa syukurnya atas peringatan 31 tahun Lubuk Basung sebagai ibu kota Kabupaten Agam dan ikut serta dalam makan bajamba di Balairung Rumah Dinas Bupati Agam bersama jajaran dan rombongan jamba.

“Kami bersyukur karena dapat melaksanakan momen ini dan duduk bersama niniak mamak serta pelaku-pelaku sejarah menikmati makan jamba di ruangan ini,” ujarnya.

Bupati mengaku bangga dan memberikan apresiasi kepada masyarakat Lubuk Basung karena dapat berkumpul dalam suasana yang membahagiakan ini bersama tokoh-tokoh masyarakat Lubuk Basung, termasuk ninik mamak seperti Ketua KAN Lubuk Basung N. Dt. Simarajo, Martias Wanto Dt. Maruhun, para perantau, pelaku sejarah, serta Bupati Agam dari periode sebelumnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama dari OPD Pemkab Agam dan masyarakat yang telah berkontribusi dalam acara tersebut. Makan bajamba dimulai dan ditutup dengan pasambahan adat Minangkabau oleh niniak mamak.

- Advertisement -spot_img

Latest