Diduga Temuan Ribuan Amunisi di Laut Cilacap Berasal Dari Kapal Perang USS Langley Era PD II

More articles

Jakarta, Dutametro.com – Terkait dengan penemuan ribuan amunisi di perairan Dermaga PT. Solusi Bangun Persada (SBI), Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pihak Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap masih menelusuri asal-usulnya. Adapun amunisi yang ditemukan itu dilaporkan biasanya terpasang di pesawat yang diduga diangkut oleh Kapal Perang USS Langley di era Perang Dunia II.

Sementara itu menurut Komandan Lanal Cilacap, Kolonel Laut (P) Bambang Subeno mengatakan dari jenis kaliber ribuan amunisi yang ditemukan diyakini produk Amerika Serikat.

Kemudian Bambang menyebutkan, “Tambahan yang didapat bahwa kaliber 12,7 itu memang amunisi produk Amerika. Kaliber 12,7 ini berdasarkan penelusuran histori adalah amunisi yang digunakan oleh senjata mitraliur” katanya, Rabu (19/7/2023).

Adapun jenis amunisi tersebut biasanya terpasang di pesawat Amerika dengan tipe P40E. Pesawat tersebut kemungkinan diangkut oleh kapal perang pada era Perang Dunia (PD) II.

Ditambahkan Bambang, “Biasanya amunisi ini dipasang di pesawat Amerika jenis P40E yang kemungkinan diangkut oleh kapal perang USS Langley. Kalau dia bisa mengangkut pesawat berarti dia jenisnya induk. Tapi tentunya kapal induk mini yang bisa masuk ke alurnya Cilacap” terangnya.

Namun hal itu masih dugaan sementara. Sebab pihaknya masih mencari tahu asal-usul ribuan amunisi itu melalui berbagai sumber.(H.A)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest