Minggu, September 8, 2024

Siapkan Masa Depan, Pemkab Solsel Himbau Pelajar Aktif Menabung

More articles

Solsel, dutametro.com – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan berupaya untuk meningkatkan kesadaran menabung sejak dini untuk peserta didik di kabupaten. Upaya ini dilakukan dengan bekerja sama dengan sejumlah bank yang ada di Solok Selatan.

Hal ini disampaikan Bupati Solok Selatan melalui Sekretaris Daerah H. Syamsurizaldi usai penyaluran Seragam Gratis di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, di SD Negeri 1 KPGD, Rabu (24/7/2024).

“Kita mencoba memberikan edukasi kepada Peseta Didik untuk membiasakan hemat dan menabung untuk masa depan,” kata Syamsurizaldi siang ini.

Belakangan masih banyak terdengar cara menabung konvensional yang masih dilakukan oleh banyak orang. Namun melalui program KEJAR alias Satu Rekening Satu Pelajar ini diharapkan pelajar semakin akrab dan mempercayai lembaga keuangan seperti perbankan.

Selain itu, ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan transaksi elektronik di daerah.

Sekda menyebut bahwa sebenarnya program ini sudah lama dimulai, hanya saja saat ini pemerintah kian serius untuk mendorong pelaksanaannya. Terbaru, pemerintah dan juga ikut memberikan apresiasi kepada sekolah yang giat mendorong siswanya untuk menabung. Apresiasi juga diberikan kepada siswa yang rajin menabung.

Apreasiasi ini diberikan untuk terus mendorong optimalisasi dan melakukan percepatan program ini di Solok Selatan.

“Mudah-mudahan dengan ini bisa meningkatkan motivasi sekolah dan siswa untuk menabung sejak dini,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Kepala Bank Nagari Cabang Muara Labuh Rano Fardian Farid mengatakan perbankan mendapatkan respons positif dan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Solok Selatan untuk melaksanakan program ini.

“Kami terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Solok Selatan karena karena didorong, mungkin ini satu-satunya kabupaten yang mendorong program ini. Jadi sinkronisasinya dua arah, OJK juga meminta percepatan ini dan disupport penuh oleh Pemerintah Kabupaten Solok Selatan,” paparnya.

Menurutnya, pelaksanaan program ini bisa menambah pengetahuan siswa terhadap produk perbakan. Apalagi saat ini sudah zaman elektronik, segala bentuk bantuan, beasiswa, dan lain-lain akan langsugn dikirim ke rekening siswa.

“Harapan kami perbankan bisa masif dimanfaatkan sekolah di Solok Selatan,” tutupnya.

Sementara itu, dalam kegiatan penyerahan seragam untuk peserta didik baru ini, di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh ini secara total sebanyak 1.772 pasang pakai seragam dimana masing-masing peserta didik mendapatkan dua pasang.

Untuk peserta didik TK sebanyak 190 pasang pakaian, SD sebanyak 1.024 pasang seragam, dan untuk tingkat SMP sebanyak 558 pasang seragam.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan Bantuan Kerawanan Pangan dan Hasil Mutu Pengolahan Perikanan untuk Balita dan Ibu Hamil di Kecamatan Sangir. Juga diserahkan bantuan bibit manggis untuk masyarakat. (Med)

- Advertisement -spot_img

Latest