Sabtu, Mei 18, 2024

KPU Solsel Gelar Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD

Must read

Solsel, dutametro.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan, (Sumbar) gelar rapat pleno terbuka, penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan pada pemilihan Umum tahun 2024, di Aula Sarantau Sasurambi kantor Bupati Solsel, Kamis (2/5/2024).

Turut hadir dalam rapat tersebut Ketua Solsel KPU Ade Kurnia Zelly, beserta komisioner. Kemudian Ketua Bawaslu Zul Nasri, Bupati Solok Selatan diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Dr. H. Novirman. SKM. MM, Ketua DPRD Solok Selatan diwakili Afrizal Candra, Waka Polres Kompol Efdar Roza, Pabung, pengurus partai politik, Sekwan diwakili Kabag Umum Efridel Putra.

Ketua KPU Solok Selatan Ade Kurnia Zelly dalam sambutannya mengatakan, dari sebelas tahapan Pemilu, sembilan tahapan sudah kami lakukan tinggal dua tahapan yang belum dilakukan oleh KPU Solok Selatan yaitu penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih, serta pelantikan anggota DPRD terpilih.

Ucapan terimakasih kami dari KPU kepada pemerintah daerah yang telah memberikan fasilitas selengkapnya, TNI, Polri yang selalu setia memberikan pengamanan selama pelaksanaan pemliu, rekan rekan media masa yang memberikan informasi

“Jadi tugas kami tinggal dua lagi yaitu
penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih dan pelantikan/pengucapan sumpah dan janji angota DPRD Solok Selatan terpilih,” ungkapnya.

Kepada calon terpilih sesuai surat dinas KPU 665 danjuga surat edaran KPK no 5 tahun 2024 tentang teknis Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN),
karena adanya domainnya penyelenggara pemilu, kepada person yang terpilih satu hari setelah dilantik agar LHKPN segera disampaikan kepada KPK.

Dalam kesempatan itu Wakapolres Solok Selatan Efdar Roza menyampaikan, beberapa tahap Pemilu sudah dilalui dengan aman lancar, tinggal lagi beberapa tahap hingga pelantikan, mari kita sama sama menjaga keamanan dan ketertiban.

Pada tahap selanjutnya tugas berat menunggu kita yaitu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), proses yang sangat berat dan penuh tantangan, maka dari itu, mari kita jaga keamanan semua lini, bertarung itu ada kalah dan menang, jadi bagi yang kalah jangan dijadikan musuh, mari kita ranggkul semua kembali.

Bupati Solok Selatan yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Dr. H. Novirman. SKM. MM, dalam sambutan tertulisnya menyampaikan, dalam Pemilihan Umum tahun 2024 tanggal 14 Februari 2024 yang lalu, rakyat Indonesia telah menggelar pesta demokrasi yang terdiri atas, pilpres, Pileg. Ini merupakan Pemilu Serentak pertama dalam sejarah Republik Indonesia dengan menyedot anggaran 76 triliun.

Pemilihan Umum serentak di Solok Selatan berlangsung sukses aman dan damai, pada Pemilu 2019 KPU Solsel mendapatkan penghargaan ketagori partisipasi pemilih tertinggi di Provinsi Sumatera Barat. Maka tahun kini kita berharap KPU Solsel mendapatkan penghargaan yang sama.

Dalam Pemilihan Umum tahun 2024,tentu saja kami berharap pelaksanaan rapat pleno ini mengutamakan azaz kekeluargaan, musyawarah, dan mufakat untuk menghasilkan hasil penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih sesuai aturan yang berlaku.

Saya mengajak kita semua untuk mengawal ini, agar proses rekapitulasi yang kita laksanakan hari ini perjalanan lancar.

Sebentar lagi kita berada dalam tahapan pemilihan kepala daerah, sesuai dengan PKPU nomor 2 tahun 2024 tentang pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota tahun 2024 tahap persiapan ini segera akan dilakukan.

Alhamdulillah penyelenggaran Pemilu di Kabupaten Solok Selatan berlangsung sukses, aman dan damai.

Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak yang telah bersinergi dan berkolaborasi mensukseskan perhelatan akbar Pemilu serentak 2024, sehingga berjalan dengan lancar.

Selain itu, terimakasih juga kepada penyelenggara Pemilu, KPU, Bawaslu, PPK KPPS, TNI, Polri, masyarakat aparatur pemerintahan daerah dalam terselenggaranya pelaksanan Pemilu 2024, dengan damai dan nyaman.

Masih ada tugas dari KPU, Bawaslu, PPK, KPPS untuk tahapan berikutnya, penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), dengan tidak bosan kami mengajak semua jaga kedamaian dan kekeluargaan. (Med)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article