Minggu, Mei 19, 2024

Naker Award 2023 Merupakan Momentum Kebangkitan Sektor Ketenagakerjaan Indonesia

Must read

dutametro.com.-Naker Award 2023 Merupakan Momentum Kebangkitan Sektor Ketenagakerjaan Indonesia.Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar acara Naker Award 2023 pada Jumat, 1 Desember 2023. Acara tersebut dapat diikuti secara daring melalui saluran Youtube Kementerian Ketenagakerjaan.

Founder aplikasi Swadaya27.com, Dani Satria yang juga turut hadir secara luring dalam acara tersebut memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap Kemnaker. Penghargaan tersebut diberikan kepada gubernur dan pemilik perusahaan yang berperan aktif dalam pengembangan di bidang ketenagakerjaan.

“Dari Naker Award 2023 ini, saya melihat prestasi Kemnaker yang sangat luar biasa dalam membangkitkan sektor ketenagakerjaan di Indonesia. Dari saat pandemi Covid-19 sampai sekarang ini, kondisinya selalu mengalami perbaikan dan pertumbuhan yang positif.

Sedangkan di tahun 2023 ini merupakan sebuah momentum kebangkitan sektor ketenagakerjaan,” kata Founder aplikasi Swadaya27.com, Dani Satria melalui siaran persnya di Kendal, Jawa Tengah, Senin (04/12/2023).

Dani menilai, pasca pandemi COVID-19, tren penurunan jumlah pengangguran terus terjadi di Indonesia. Dia juga memprediksi bahwa jumlah pengangguran di Indonesia akan turun kembali di tahun 2024.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada bulan Agustus 2023 adalah sebesar 5,32 persen, turun sebesar 0,54 persen poin dibanding Agustus 2022. Saat ini jumlah pengangguran di Indonesia saat ini sebanyak 7,86 juta per agustus 2023.

Jumlah pengangguran ini terus menurun apabila dibandingkan dengan pada saat pandemi COVID-19 di bulan Agustus 2020 yang mencapai 9,77 juta.

“Melihat tren penurunan jumlah pengangguran tersebut, diprediksi di tahun 2024 jumlah pengangguran di Indonesia juga akan turun. Ditambah lagi, setelah pemerintah menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar 1,2% sampai 7,5% yang tentunya akan meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga akan meningkatkan laju dunia bisnis.

Hal ini juga akan berdampak kepada kebutuhan tenaga kerja yang semakin banyak. Pemerintah juga menghimbau ke perusahaan agar pekerja dengan masa kerja lebih dari satu tahun, berhak digaji di atas UMP,” imbuh Dani.

Seperti diketahui, berdasarkan data dari Trading Economic pada bulan November 2023, posisi angka pengangguran di Indonesia semakin membaik dibandingkan September 2023 lalu, apabila dikomparasikan dengan negara-negara lain di dunia.

Pada bulan September 2023, Indonesia sempat menempati peringkat 11 sebagai negara dengan angka pengangguran tertinggi di dunia. Namun, pada bulan November 2023, Indonesia menempati peringkat 95 di dunia.

Seperti diketahui, Naker Award terdiri dari 4 kategori. Pertama Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan. Penghargaan itu diberikan kepada gubernur yang berhasil meraih prestasi pencapaian indikator pembangunan ketenagakerjaan di daerahnya.

Kedua, Penghargaan Olimpiade Pengupahan Berbasis Produktivitas atau OPBP. Penghargaan itu diberikan kepada perusahaan yang telah menerapkan sistem pengupahan berbasis produktivitas melalui struktur dan skala upah. Kategori ini mencakup perusahaan kecil, menengah dan besar.

Ketiga, Penghargaan Pengukuran Produktivitas. Penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang telah berhasil menerapkan konsep produktivitas dan kualitas dalam usahanya.

Penghargaan ini juga disebut Penghargaan Paramakarya. Keempat, Kategori Penghargaan Perusahaan Terbaik. Penghargaan itu diberikan kepada perusahaan yang berhasil menjalankan dan mengembangkan bisnisnya sekaligus berkontribusi terhadap pembangunan ketenagakerjaan nasional.

Dalam kategori itu dibagi menjadi Perusahaan Modal Dalam Negeri Berskala Besar, Perusahaan Modal Dalam Negeri Berskala Menengah, Perusahaan Modal Asing Berskala Besar dan Perusahaan Modal Asing Berskala Menengah.

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article