Minggu, Februari 25, 2024

Prosesi ‘Alek Elok Dalam Nagari’ Meriahkan Ulang Tahun Ke-20 Solsel

Must read

Solsel, dutametro.com – Prosesi ‘Alek Elok Dalam Nagari’ Meriahkan Ulang Tahun Ke-20 Solsel.Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kabupaten Solok Selatan Tahun 2024 makin lengkap dan meriah dengan kegiatan Pawai Prosesi Budaya.

Pawai yang ditampilkan ini mengangkat tradisi ‘Alek Elok Dalam Nagari’ atau acara baik yang diselenggarakan masyarakat, diantaranya prosesi manjalang mintuo, turun mandi atau mambaok kaayia anak dan maantaan bali.

Tradisi ini sarat akan keragaman budaya di masing-masing nagari Solok Selatan. Walaupun memiliki tujuan yang sama, namun prosesi ini menampilkan prosesi khasanah unik di setiap penampilan peserta pawai.

Bupati Solok Selatan H Khairunas mengatakan berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan dalam memeriahkan HUT ke-20 Kabupaten Solok Selatan, baik pada tingkat nagari, kecamatan dan ditingkat kabupaten.

“Pawai prosesi ini diangkat dari kearifan lokal yang ada di nagari yang harus kita hargai,” kata Khairunas di RTH Solok Selatan, Padang Aro, Jumat (05/01/2024).

Keberagaman prosesi budaya baik ini akan menjadi peluang nagari kita untuk mengembangkan budaya, sekaligus mendongkrak perekonomian masyarakat kita.

Kesempatan yang sama, Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda mengapresiasi berbagai macam pawai prosesi budaya nagari yang berbeda-beda.

“Tentu kegiatan ini inovasi baru yang membanggakan Kabupaten Solok Selatan,” katanya.

Kegiatan pawai ini dimulai dari simpang SMPN 3 Solok Selatan yang kemudian finis RTH di Padang Aro. Diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan nagari-nagari se-Solok Selatan.

Berbagai rangkaian HUT telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan. Rangkaian peringatan HUT ini akan ditutup dengan Rapat Paripurna DPRD Solok Selatan dan malam resepsi pada malam harinya pada Minggu, 7 Januari 2024. (Med)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article