Jumat, April 19, 2024

Pelantikan Secara Simbolis Pengurus KNPI Kabupaten Malang Dihadapan Forkopimda

Must read

Kabupaten Malang, Dutametro.com – Pelantikan Secara Simbolis Pengurus KNPI Kabupaten Malang Dihadapan Forkopimda.Mengusung tema “Generasi Muda Mandiri Menuju Malang Makmur”. Di bawah kepemimpinan Zulham Ahmad Mubarrok Pengurus Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (PK KNPI) Kabupaten Malang, Periode 2023-2025, Resmi Dilantik oleh Ketua KNPI Jawa timur Moch. Nur Arifin.

Pelantikan yang digelar di Pendapa Agung Peringgitan Jln KH Agus Salim, di kota Malang, Pada Sabtu, (5/8/2023). Yang juga bersamaan dengan agenda Soft launching Asisten Virtual Utas l.ai (Artificial Intelligence Pemuda Malang) jadi bukti keseriusan Zulham dan kawan-kawan untuk mengelola kepengurusan DPD KNPI di Kabupaten Malang.

Dalam sambutannya, Bupati Malang, HM.Sanusi, mengucapkan selamat kepada DPD KNPI dan PK KNPI Kabupaten Malang yang telah dilantik hari ini dan berharap semakin sukses.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, Saya mengucapkan selamat kepada Pengurus DPD KNPI dan PK KNPI yang baru, dan berpesan kepada seluruh kader KNPI agar bisa menggerakkan pemuda sebagai cikal bakal pemimpin bangsa ini, dan sebagai pemuda harus selalu berinovasi berbuat dan berbuat terus sebagai pemuda jangan takut salah, Bukan hanya berteori saja tanpa ada wujud perbuatan tentunya perbuatan yang baik,” tuturnya.

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang itu juga menyampaikan, sejak dulu manusia diajarkan untuk berkata dan berbuat baik. Maka peran pemuda untuk pembangunan bangsa Indonesia sangat dibutuhkan, tidak terkecuali di Kabupaten Malang. Pasalnya, para pemuda yang saat ini terus berjuang merupakan generasi pemimpin bangsa di masa yang akan datang.

Mengutip apa yang pernah disampaikan Rasulullah SAW. Yakni, menjadi manusia harus bisa mengucapkan kata-kata baik dan bermanfaat bagi orang banyak. Maka dari itu, jika manusia hanya berkata tidak baik tanpa melakukan aksi nyata, menurut Sanusi hal itu tidak bagus.

“Menurut Rasulullah, harus berkata baik, tapi kalau nggak bisa berkata baik, lebih baik diam, itu baru bagus,” ungkap Sanusi

Pihaknya pun memberikan pesan kepada jajaran pengurus DPD KNPI dan PK KNPI Kabupaten Malang periode 2022-2025 yang baru saja dilantik untuk menerapkan metode amati, tiru dan modifikasi (ATM).

“Metode ATM, amati, tiru dan modifikasi ini bisa diterapkan agar berkembang dan juga kolaborasi bergerak bersama untuk bangsa, itu harus dilakukan,” terang Sanusi.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Kabupaten Malang, Zulham Ahmad Mubarrok ditemui kegiatan pelantikan, mengatakan, bahwa pihaknya siap mendukung dan menyukseskan jalannya pemerintahan.

“Kita siap menjadi pelopor untuk mendukung serta mensukseskan jalannya Birokrasi pemerintahan di Kabupaten Malang. Dan insya Allah KNPI Kabupaten Malang siap mencetak banyak pemimpin muda,
namun demikian juga perlu di garis bawahi bahwa KNPI tidak berpolitik,” terangnya.

Salah satu strategi menguatkan dan menjaga kekompakan DPD KNPI Kabupaten Malang akan lebih produktif lagi dengan melakukan kegiatan-kegiatan berbasis pemberdayaan. Salah satunya, akan membangun rumah pemuda.

“Jadi, di tempat rumah pemuda ini nanti akan kita turunkan program-program yang sifatnya berbasis pemberdayaan. Sebagai contoh di Kota malang sudah memiliki Malang Kreatif Center, di Surabaya juga ada rumah pemuda. Tentu saja ada banyak sekali komponen yang bisa kita gali dari kolaborasi dengan birokrasi. Sehingga kita berharap untuk tetap mendekat ke birokrasi dan bermitra serta menfasilitasinya agar menjadi lebih baik lagi,” paparnya

Potensi Kepemudaan di Kabupaten Malang sangat melimpah. Salah satunya diwadahi melalui KNPI. Terdapat 37 Persen dari total penduduk Kabupaten Malang adalah pemuda.

“Ini tentunya potensi Kepemudaan sangat luar biasa, potensi pemuda Kabupaten Malang yang dibawahi dalam DPD KNPI telah menghasilkan banyak pemuda yang menduduki jabatan strategis, Sebagai contih, ada kurang lebih delapan kepala desa yang dulunya menjadi anggota DPD KNPI Kabupaten Malang. Dan Kemarin, Kami berhasil mencetak Kades termuda,” ungkapnya.

Meski potensi pemuda sangat luar biasa, akan tetapi masih ada beberapa hal jadi perhatian kita. “Masih tingginya angka minim lapangan pekerjaan yang harus mendapat perhatian bersama, sehingga dapat dicarikan solusi mengatasinya dan selanjutnya jadi ruang produktif bagi para pemuda di masyakat ,” tuturnya.

Ditegaskannya juga, “KNPI Kabupaten Malang akan siap bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemkab Malang untuk memberikan kontribusi kemajuan pembangunan di Kabupaten Malang, ” tukasnya.

Disinggung terkait keberadaan DPD KNPI Kabupaten Malang lainnya yang saat ini juga telah terbentuk dan memiliki struktur organisasi,

“Saya tidak ingin memperebutkan terkait kepengurusan DPD KNPI disini, karena itu tidak untuk diperebutkan, namun saya disini, akan lebih fokus dan serius membawa DPD KNPI bermitra dan produktif bersama Pemerintah. Upaya maksimal kami jadi bentuk komitmen untuk mengelola kepengurusan DPD KNPI di Kabupaten Malang.” tegasnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Malang Sanusi memberikan bantuan satu unit mobil ambulan bagi pengurus DPD KNPI Kabupaten Malang yang digunakan untuk kepentingan masyarakat.
(sG/gU)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article