Jumat, Juli 26, 2024

Sambut Ramadan 1445 Hijriyah, Bupati Eka Putra hadiri Tabligh Akbar di Bulan Sarik

More articles

Sungai Jambu, dutametro.com -Sambut Ramadan 1445 Hijriyah, Bupati Eka Putra hadiri Tabligh Akbar di Bulan Sarik. Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah /2024 Masehi, masyarakat dan jamaah Masjid Ishlahunnas Bulan Sarik Nagari Sungai Jambu Kecamatan Pariangan gelar tabligh akbar.

Bupati Tanah Datar Eka Putra yang hadir, turut didampingi Kadis Sosial Afrizon, Kadis Kesehatan Yesrita Zedrianis dan Camat Pariangan Beni Oriza menyampaikan permohonan maaf kepada segenap masyarakat dan jamaah yang hadir.

“Pertama Saya mohon maaf, karena selama 3 tahun masa jabatan, baru hari ini bisa berkunjung ke jorong yang luar biasa indah dan asri dengan masyarakat yang ramah ini, sekaligus di kesempatan yang berbahagia ini saya ucapkan Selamat menjalankan ibadah puasa ramadan 1445 Hijriah,” ujarnya.

Bupati Eka Putra di kesempatan itu juga menyampaikan berbagai Program Unggulan yang dilaksanakan Pemerintah Daerah di bawah kepemimpinannya.

“Berbagai sektor kita kembangkan, mulai dari sektor pendidikan, pariwisata, pertanian, sosial kemasyarakatan dan sektor lainnya,” sampainya.

Diterangkan Bupati, sektor pendidikan dengan memberikan beasiswa, kemudian menciptakan generasi muda penghafal Al Qur’an melalui Program Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah.

Sektor pariwisata, melahirkan Program Satu Nagari Satu Event yang dimaksudkan untuk memberikan multiplier effect kepada masyarakat, yakni peningkatan ekonomi masyarakat, pelestarian budaya sampai dengan meningkatkan semangat kebersamaan masyarakat ketika melaksanakan kegiatan tersebut.

“Selain melalui program itu, kita juga mendorong lahirnya destinasi wisata yang refresentatif untuk di kunjungi wisatawan. Saya dengar daerah ini memiliki air terjun 7 tingkat. InsyaAllah potensi wisata ini juga akan kita tingkatkan di masa datang,” sampainya.

Sementara itu di bidang pertanian, tambah Bupati, ada Program Layanan Bajak Sawah Gratis, asuransi padi dan ternak. “Layanan bajak sawah gratis merupakan program pelaksanaan pembajakan sawah petani secara gratis, gratis sewa alatnya, BBMnya sampai biaya operatornya, sehingga membantu petani meringankan biaya produksi. Dan, program ini diikuti dengan asuransi padi dan ternak,” ungkapnya.

Yang tak kalah pentingnya, tambah Bupati Eka Putra, kita juga meluncurkan program Makan Rendang untuk masyarakat Tanah Datar.

“Program Makan Rendang yakni program Maksimalkan Pemberantasan Rentenir agar Hilang di Tanah Datar. Program ini yakni memberikan pinjaman bantuan modal bagi masyarakat tanpa agunan dengan bunga rendah, sehingga masyarakat tidak meminjam lagi ke rentenir,” tukasnya.

Sebelumnya tokoh masyarakat Hardiman yang juga mantan Sekda Tanah Datar menyampaikan ucapan selamat datang kepada Bupati dan rombongan.

“Selamat datang pak Bupati di daerah kami ini. Alhamdulillah, masyarakat sangat kompak dalam kehidupan sosial sehari-hari,” ujarnya.

Diungkapkan Hardiman, sebagai daerah yang berada dekat Gunung Marapi, Sariak Bulan memiliki potensi bencana cukup tinggi.

“Beberapa waktu lalu terjadi musibah air bah sehingga menyebabkan DAM dekat SD rusak, sebelum meluas mohon bantuan dari Pemerintah Kabupaten. Dan, untuk rencana peningkatan fasilitas wisata air terjun, tentu akan kami dukung dan sukseskan,” sampainya.

Selepas itu Tabligh Akbar diwarnai dengan penyampaian tausyiah dari Ketua MUI Tanah Datar.

Mnh

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest