Senin, Mei 20, 2024

Tingkatkan Inklusi Sosial, Nagari Lubuk Basung Bangun Perpustakaan Baru

Must read

Agam, dutametro.com-Perpustakaan Bahrul Ulum mendapat dukungan dari Wali Nagari Lubuk Basung untuk membangun bangunan perpustakaan baru di halaman Kantor Wali Nagari.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Perpustakaan, Hidayati Amir, S.Pd, pada saat Tim Diskominfo Agam berkunjung ke Perpustakaan Bahrul Ulum, pada Jumat (10/11)

Bangunan ini telah dibangun selama 4 bulan sejak Juli hingga Oktober dengan memanfaatkan Dana Desa senilai 368 Juta.

“Di minggu ketiga (November) perpustakaan ini akan diresmikan oleh Bupati Agam, namun sekarang tengah menunggu jadwal yang ditetapkan oleh Bapak Bupati.” Ucap Hidayati.

Saat ini, tim pengelola telah mengizinkan masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan.

Sementara, jumlah koleksi perpustakaan ini mencapai 1.183 judul dengan 2.450 eksemplar. Rata-rata donasi buku didapatkan dari pustaka nasional, masyarakat, orang perantauan, dan sekolah setempat.

“Pustaka kami masih sederhana. Walaupun bangunan sudah permanen, tetapi koleksi masih sedikit. Kami masih buka kesempatan bagi donatur yang mau menyumbangkan buku. Ga harus yg baru, yg bekas pun boleh,” tuturnya.

Kedepannya, perpustakaan ini akan dipasang wifi gratis untuk mahasiswa serta mengembangkan konsep perpustakaan ramah anak.

Di bagian dalam pustaka akan dibuat tempat bermain anak, bola mandi, dan ruangan tempat anak berimajinasi. Sementara di luar ruangan akan dibangun taman inklusi, ayunan, dan seluncuran.

Mulanya perpustakaan ini terletak di lantai dua Kantor Wali Nagari. Namun semenjak mendapat juara tingkat nasional 3 kali berturut-turut dalam program transformasi berbasis inklusi sosial, tim pengelola mengajukan permintaan kepada Wali Nagari untuk membangun Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial.

“Sekarang perpustakaan lama dimanfaatkan untuk tempat lembaga. Kendala dulu masyarakat berkunjung susah, kadang enggan ke lantai 2 karena harus melewati ruang pelayanan. Berkat dukungan dari pak wali maka dibangun perpustakaan nagari.” Tutupnya

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article