Jumat, Februari 23, 2024

Sambut Tuanku Raja Besar Negeri Sembilan, Gubernur Mahyeldi Yakin Hubungan Sumbar-Malaysia akan Semakin Kokoh

Must read

Limapuluh Kota, Dutametro.com – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah Datuak Marajo menyambut kunjungan silaturahmi Tuanku Raja Besar Negeri IX Malaysia,

Tengku Raja besar Ahmad Husen Bin Hamzah dengan serumpun Minangkabau, di Rumah Gadang Sungai Baringin, Nagari Sungai Baringin, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Minggu (10/12/2023).

“Beliau, Ahmad Husen Bin Hamzah adalah putra Minang yang berasal dari Nagari Maek, Kabupaten Lima Puluh Kota, yang kini menjadi warga negara Malaysia serta dipercaya menjadi Tuanku Raja Besar Negeri IX Malaysia, dan kemarin juga dipercayai oleh Datuak Tuanku Rajo Bosa di Nagari Maek.

Kami ucapkan selamat datang kepada Tuanku Raja Besar Negeri IX beserta Permaisuri Puti Intan Baiduri dan rombongan,” ucap Gubernur dalam sambutannya.

Gubernur meyakini, kehadiran Tengku Raja Besar Negeri IX beserta rombongan dapat memperkuat dan memperkokoh hubungan silaturahim Ranah Minang dengan Negeri IX Malaysia,

khususnya dengan Kabupaten Lima Puluh Kota. Gubernur juga menyebutkan, bahwa Sumbar di saat yang bersamaan juga kedatangan 25 perantau Minang lainnya yang berkumpul di Payakumbuh dan Kota Padang.

Terjalinnya hubungan dan ikatan yang kuat tersebut, sambungnya, merupakan pengejawantahan dari amant Undang-Undang Nomor 17 tahun 2022 tentang Provinsi Sumatera Barat, yang menyatakan bahwa Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) serta Adat Salingka Nagari sebagai karakteristik masyarakat Minangkabau, yang harus dipedomani dalam gerak langkah pembangunan Sumbar.

“Kita di Sumbar saat ini sedang berupaya memperkokoh dan memperkuat peran nagari untuk menghidupkan kembali budaya-budaya, termasuk potensi yang ada di ranah maupun di rantau. Mudah-mudahan melalui Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan LKAAM, bisa menjadi perhatian kita untuk memperkuat hal ini di setiap nagari,” tutur Gubernur.

Dalam kesempatan penyambutan tersebut, turut hadir Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Syaifullah; Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Doni Rahmat Samulo; serta Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Sumbar, Mursalim.

Sementara itu, dalam sambutannya, Tuanku Raja Besar Negeri IX Malaysia, Tengku Raja Besar Ahmad Husen Bin Hamzah mengatakan, kehadiran pihaknya di ranah Minang adalah dalam rangka pulang ke kampung halaman.

“Saya merasa senang dan berbangga dapat disambut di sini. Saya sangat terutang budi karena telah bersedia menyambut kami tanpa syarat,” kata Tengku Raja Besar Ahmad Husen Bin Hamzah.

Dalam kesempatan tersebut, ia menyebutkan bahwa kedatangannya ke Ranah Minang juga diikuti oleh pegawai tertinggi di Malaysia yakni M. Ali Hanafiah selaku Ketua Dinas Kemajuan Masyarakat Negeri Selangor, serta Zamri bin Hasan selaku Ketua Dinas Kemajuan Masyarakat Negeri Johor.

“Keduanya merupakan pegawai tertinggi di Malaysia, yang bertujuan untuk melihat adat budaya dan potensi apa yang dapat dikolaborasi oleh Malaysia dengan Minangkabau,” ucapnya. (adpsb/cen)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article