Jumat, April 19, 2024

Wabup Richi Aprian Motivasi Satgas dan Relawan Bencana

Must read

Rambatan, Dutametro.com – Kabupaten Tanah Datar termasuk salah satu daerah rawan bencana untuk itu sangat dibutuhkan kewaspadaan bersama, “lebih baik mencegah dari pada mengobati” hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Richi Aprian pada pembukaan Pembekalan bagi relawan dan satgas penanggulangan bencana nagari se Kabupaten Tanah Datar di Aua Sarumpun, Sabtu (11/3).

Hadir mendampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik Yuldoni Putra, Camat Rambatan Roza, Wali Nagari III Koto Wili, Wali Nagari Balimbing, puluhan relawan dan satgas.

Wabup Richi juga sampaikan sebelum terjadinya suatu bencana kewaspadaan sangat dibutuhkan dan harus siap dengan terjadinya bencana. “Alhamdulillah di Tanah Datar sudah terbentuk Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) yang berasal dari nagari-nagari, saya selaku pemerintah daerah mendukung dan mengapresiasi terbentuknya forum ini,” ucapnya.

Wabup Richi tambahkan, pemerintah daerah menyambut baik FRPM karena ini merupakan salah satu tanggung jawab kita dalam melakukan mitigasi bencana karena di Tanah datar banyak gunung marapi, jalur patahan gempa dan ini pekerjaan yang mulia.

Kepada instansi terkait Wabup Richi juga harapkan untuk turun kembali kelapangan mengecek, mengurai peta mitigasi dan jalur evakuasi dengan rambu-rambu untuk mengambil langkah antisipatif kemungkinan yang akan terjadi.

Selain itu, kepada wali nagari untuk mengaktifkan kembali satgas nagari untuk antisipasi kesiap siagaan apabila bencana terjadi dan mensosialisasikan waspada terhadap bencana yang tidak bisa diprediksi.

Sebelumnya Ketua FRPM Tanah Datar Efrizal sampaikan FRPB merupakan suatu forum yang satu satunya di sumbar dengan tujuan ikut andil dalam penanggulangan bencana sosial kemanusiaan membantu pemerintah dan mitra BPBD.

” FRPB merupakan suatu relawan kemanusiaan bersama satgas nagari untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi bencana,” ungkapnya.

Kegiatan ini di ikuti relawan dan satgas nagari se Tanah Datar yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 10-13 Maret 2023 berlokasi di Puncak Aua Sarumpun.

Sementara itu Wali Nagari III Koto Wili sampaikan ucapan terimakasih kepada FRPM yang telah memilih lokasi untuk kegiatan pembekalan untuk relawan dan satgas.

“Lokasi yang dipilih ini merupakan sangat strategis untuk pembekalan karena nagari III Koto daerah rawan bencana,” ungkapnya. ***

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article