Minggu, Februari 25, 2024

Eka Imanuel : Berharap Kecamatan Jabiren Raya Bisa Menjadi Salah Satu Icon Pulang Pisau

Must read

Pulang pisau,dutametro.com.-Eka Imanuel : Berharap Kecamatan Jabiren Raya Bisa Menjadi Salah Satu Icon Pulang Pisau.Kecamatan Jabiren raya merupakan salah satu wilayah Kecamatan yang berada di Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan tengah (Kalteng) yang terletak di pertengahan antara kota Palangkaraya dan kota Pulang pisau.

Lokasinya yang sangat strategis serta di dukung dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup menjanjikan dari berbagai sektor ini, menjadikan wilayah Kecamatan Jabiren Raya sudah tergolong layak menarik perhatian serius para investor baik di tingkat lokal maupun nasional.

Selain dikenal dengan penghasil tambang pasir sungai yang berkualitas baik, Kecamatan Jabiren Raya juga dikenal dengan penghasil karet dan berbagai macam jenis buah-buahan.

Kepiawaian warganya sebagai pengrajin anyaman rotan, khusunya ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok pengrajin anyaman rotan ini terbukti terampil dalam membuat berbagai macam kerajinan tangan yang patut diacungi jempol.

Hal ini bisa dilihat dari hasil jawet rotan atau anyaman rotan yang dihasilkan oleh warga Kecamatan Jabiren Raya yang sudah cukup dikenal di berbagai daerah.

Selain memberi nilai ekonomis, kerajinan tangan ini juga merupakan sebuah kearifan lokal yang sudah semestinya untuk dilestarikan.

Camat Jabiren Raya, Eka Imanuel saat di kunjungi para awak media yang tergabung dalam organisasi Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Kabupaten Pulang Pisau, pada Senin (11/12/23) mengatakan bahwa dirinya selaku Camat sangat mengharapkan agar ke depannya Kecamatan Jabiren Raya bisa lebih maju dan berkembang lagi baik dari sektor ekonomi, sosial, maupun budaya.

Untuk mencapai semua itu perlu dilakukan berbagai macam upaya, antara lain dengan membangun kantor kecamatan di tempat yang strategis, tepatnya di pinggir jalan lintas kalimantan. Mengingat, menurutnya hal itu dikarenakan kantor kecamatan adalah pusat pelayanan utama bagi masyarakat.

“Tentunya untuk program awal yang bisa diupayakan, antara lain bagaimana kita mengupayakan agar kantor kecamatan bisa dibangun di pinggir jalan lintas kalimantan. Mengingat saat ini lokasi kantor kecamatan masih berada di belakang kampung dan belum memiliki fasilitas yang maksimal”, tuturnya.

Dengan demikian kata Eka, selain memiliki nilai strategis, jika memang bisa terlaksana pembangunan kantor kecamatan di pinggir jalan lintas, maka akan menjadi nilai tambah bagi tata kelola pemerintahan setempat. Sebab dengan adanya kantor kecamatan yang baru kita bisa menambahkan atau membuat ornamen/ logo sesuai dengan ciri khas daerah Jabiren raya.

“Di Kecamatan Jabiren raya ini banyak yang bisa kita jadikan Icon, baik di bidang kerajinan tangan tradisional ada jawet rotan maupun di bidang perkebunan yang merupakan salah satu penghasil Karet dan buah-buahan”. lanjut Eka.

“Intinya ini harapan kami untuk daerah Kecamatan Jabiren Raya, semoga ke depan Pemkab Pulang Pisau bisa mengalokasikan anggaran untuk biaya pembangunan kantor Kecamatan Jabiren raya yang baru.” tutupnya.

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article