Jumat, April 12, 2024

Rapat Paripurna DPRD Kota Padang, Kilas Balik Capaian 2023 dan Peta Baru Kepemimpinan

Must read

Padang, dutametro.com-Rapat Paripurna DPRD Kota Padang, Kilas Balik Capaian 2023 dan Peta Baru Kepemimpinan.Pada Rabu, 13 Maret 2024, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang menggelar rapat paripurna yang menjadi momen penting dalam agenda legislatif tahunan. Acara ini menitikberatkan pada dua agenda utama: penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun 2023 oleh Walikota Padang serta diskusi mengenai rencana pergantian pimpinan. Ruang Sidang Utama Lantai II Gedung Baru DPRD Kota Padang menjadi saksi atas momentum penting ini.

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Arnedi Yarmen, didampingi oleh Wakil Ketua Ilham Maulana dan Sekretaris DPRD Kota Padang, Hendrizal Azhar. Turut hadir pula segenap anggota DPRD Kota Padang, Sekretaris Daerah Kota Padang, serta unsur Forkopimda dan beberapa pejabat tinggi daerah lainnya, menandakan kepentingan besar dari acara tersebut.

Namun, jalannya rapat paripurna sempat terhenti sementara karena absennya Walikota Padang, Hendri Septa, yang hanya diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Padang, DR. H. Andree Algamar, M. Si. Hal ini menimbulkan kekecewaan beberapa anggota dewan yang berharap agar Walikota Padang dapat menyampaikan LKPJ secara langsung. Menyikapi situasi tersebut, pimpinan rapat paripurna, Arnedi Yarmen, mengambil keputusan bijak untuk menunda jalannya rapat hingga kedatangan langsung Walikota Padang. Keputusan ini bertujuan untuk memastikan bahwa proses penyampaian LKPJ berlangsung sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Selama penundaan tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Mastilizal Aye, memberikan tanggapan terkait pertanyaan wartawan mengenai banjir yang melanda Kota Padang, menunjukkan keterbukaan dan kesiapan anggota dewan dalam menjawab isu-isu yang relevan dengan masyarakat. Hal ini mencerminkan tanggung jawab anggota DPRD dalam memberikan informasi yang transparan kepada publik terkait dengan isu-isu yang sedang berkembang di wilayah mereka.

Setelah Walikota Padang tiba dan mengambil tempat di ruang sidang, rapat paripurna dilanjutkan kembali oleh pimpinan sidang, Arnedi Yarmen. Walikota Padang kemudian diberi kesempatan untuk menyampaikan LKPJ Tahun 2023 di hadapan anggota dewan dan para undangan. Dalam penyampaiannya, Hendri Septa menyoroti berbagai pencapaian Pemerintah Kota Padang, khususnya dalam program-program unggulan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. Ia juga menguraikan langkah-langkah yang telah diambil untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh kota, seperti infrastruktur, pelayanan publik, dan pengembangan ekonomi lokal.

Setelah menyampaikan LKPJ Tahun 2023, Walikota Padang Hendri Septa mengucapkan selamat berpuasa kepada seluruh anggota DPRD Kota Padang dan para undangan yang hadir, menambahkan sentuhan kehangatan dalam suasana rapat. Gestur ini mencerminkan sikap hormat dan kepedulian dari pemimpin daerah terhadap para wakil rakyat dan masyarakat secara keseluruhan.

Sebelum rapat paripurna ditutup, anggota DPRD dari Fraksi Partai Gerindra mengajukan pertanyaan terkait surat yang berkaitan dengan pergantian Ketua DPRD Kota Padang dan Ketua Fraksi Partai Gerindra. Arnedi Yarmen menanggapi bahwa surat tersebut akan segera dibahas dengan unsur pimpinan lainnya dan dijadwalkan untuk dibahas dalam rapat Bamus, menunjukkan komitmen untuk mengatasi isu-isu internal secara terorganisir.

Dengan demikian, rapat paripurna DPRD Kota Padang pada tanggal 13 Maret 2024 berhasil mencakup dua agenda utama yang krusial bagi pembahasan dan pengawasan legislatif, sambil memberikan sorotan terhadap capaian pemerintah dan keterlibatan aktif anggota dewan dalam menghadapi tantangan yang dihadapi oleh kota. Selain itu, rapat tersebut juga menegaskan pentingnya kolaborasi antara eksekutif dan legislatif dalam memajukan kesejahteraan masyarakat Kota Padang.

Adv

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article