Kamis, Juni 13, 2024

Bapenda Agam Berbagi Kiat Dalam Optimalisasi PAD

Must read

Agam, dutametro.com-Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Agam menerima kunjungan dari Komisi II DPRD Kabupaten Pasaman Barat di Aula Kantor Bupati Lubuk Basung, Selasa (14/5).

Kunjungan ini diterima oleh Kepala Bapenda beserta Sekretaris dan para Kepala Bidang di Bapenda Agam. Rombongan Komisi II DPRD Kabupaten Pasaman Barat dipimpin oleh Nurwansyah, SH.

Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mempelajari upaya-upaya strategis yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Agam dalam mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Optimalisasi PAD merupakan upaya peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah yang diimplementasikan melalui berbagai program dan kegiatan guna meningkatkan pendapatan daerah.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat tersebut, terjadi saling tukar informasi dan diskusi mengenai capaian dan pengalaman masing-masing daerah. Kepala Bapenda Agam menyampaikan beberapa langkah strategis yang telah direncanakan dan dilaksanakan untuk mengoptimalkan PAD.

Salah satu langkah tersebut adalah dengan meningkatkan efisiensi dan transparansi sistem pajak daerah melalui penggunaan teknologi informasi, seperti aplikasi Lapak Agam, SmartGov, dan Tax Survey untuk mengkomputerisasi sistem pajak daerah.

Selain itu, mereka juga menggali potensi pendapatan baru dengan melakukan pendataan PBB-P2, penetapan Zona Nilai Tanah (ZNT), serta kerjasama dengan instansi vertikal untuk Pajak Barang Jasa Tertentu (PBJT) dan reclas untuk objek tertentu.

Bapenda Agam juga meningkatkan kerjasama antar lembaga untuk memastikan bahwa setiap potensi pendapatan dapat termonitor dan terealisasi.

Tak hanya itu, Bapenda juga terus-menerus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kepatuhan dalam membayar pajak dengan kampanye seperti “Ayo Bayar Pajak dan Retribusi demi Pembangunan dan Kesejahteraan Negeri” serta “Mari Berkontribusi untuk Negeri dengan Bayar Pajak dan Retribusi”.

“Langkah-langkah strategis ini penting untuk memastikan bahwa optimalisasi PAD tidak hanya meningkatkan pendapatan daerah tetapi juga berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah,” ungkap Kepala Bapenda Agam, Endrimelson pada pertemuan tersebut.

Pertemuan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dalam upaya peningkatan PAD dan penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik. Admin

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article