Selasa, Mei 21, 2024

Polres Tanah Datar Gelar Sispam Kota, Bupati Eka Putra Ajak Masyarakat Ambil Jalan Musyawarah Ketika Ada Masalah

Must read

Batusangkar, Dutametro.com -Polres Tanah Datar Gelar Sispam Kota, Bupati Eka Putra Ajak Masyarakat Ambil Jalan Musyawarah Ketika Ada Masalah. Beberapa massa Anarkis yang menjadi pemicu kerusuhan diamankan Polisi, hingga akhirnya kerumunan massa itu berhasil dibubarkan secara paksa dan kondisi kembali aman terkendali.

Semua itu bagian dari simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispam Kota) yang digelar Polisi Resort (Polres) Tanah Datar untuk pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) di tahun 2024 mendatang, di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Jumat (13/10/2023).

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM. selepas menyaksikan simulasi tersebut mengapresiasi kesiapan personel gabungan yang terdiri dari Polisi, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dan Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) serta petugas lainnya.

“Pemerintah Daerah sangat berterima kasih atas simulasi Sispam Kota pengamanan Pemilu 2024 yang dilakukan hari ini. Kita telah melihat kesiapannya, tentunya Pemerintah Daerah juga harus siap untuk itu,” ujar Bupati Eka Putra.

Bupati Eka Putra mengatakan, dari serangkaian simulasi Sispam Kota pengamanan Pemilu banyak pelajaran dipetik. Dimana, setiap masalah yang terjadi, bisa diselesaikan secara musyawarah tanpa terjadinya kerusuhan.

“Kita mengajak seluruh masyarakat Tanah Datar, untuk mengambil pelajaran pada simulasi ini. Ambil jalan musyawarah ketika ada masalah, sebelum turun kejalan. Jadikan Pemilu yang akan datang, sebagai Pemilu yang damai. Terlebih penting gunakanlah hak pilih, karena satu suara akan sangat berarti bagi kemajuan bangsa,” ujar Bupati Eka Putra.

Sementara itu, Kapolres Tanah Datar AKBP Derry Indra, S.I.K mengatakan simulasi Sispam Kota pengamanan Pemilu sebagai sarana edukasi bagaimana proses pengamanan ketika terjadi kerusuhan disaat pesta demokrasi berlangsung.

“Harapan kita, di Tanah Datar suasana Kamtibmas selama pesta demokrasi berjalan sesuai yang diinginkan. Yakni, aman, damai dan kondusif, tanpa ada gangguan apa pun,” ujarnya.

Ia menegaskan bahwa simulasi Sispam Kota juga sebagai bagian dari kesiapan untuk pengamanan Pemilu, “Inilah bentuk kesiapan di lapangan. Mohon dukungan semua pihak untuk kelancaran Pemilu di Tanah Datar,” ujarnya. (Prokopim)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article