Jumat, Februari 23, 2024

Eka Putra : Generasi Muda Harus Bersyukur Dan Disiplin

Must read

Tanah Datar, Dutametro.com – Eka Putra : Generasi Muda Harus Bersyukur Dan Disiplin.Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM mengingatkan seluruh siswa dan siswi SMA Negeri 1 Padang Ganting untuk selalu bersyukur atas rahmat yang telah diberikan oleh Allah kepadanya. Selain itu, juga diingatkan agar selalu mendisiplinkan diri terutama dalam menuntut ilmu.

Hal ini disampaikannya saat menjadi Inspektur upacara di sekolah tersebut, Senin (15/1/2024) yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar Inhendri Abas beserta jajaran, Camat Padang Ganting Yatriwel beserta forkopimca, Kepala Sekolah dan seluruh majelis guru, Ketua Komite, Wali Nagari dan undangan lainnya.

“Anak-anakku sekalian, pagi ini Bapak merasa sangat bangga bisa hadir disini dihadapan kalian semua para generasi muda yang kelak akan melanjutkan estafet kepemimpinan ke depan. Banyak hal yang bisa kalian lakukan di usia sekarang, dan semua itu harus diawali dengan disiplin dan jangan lupa tanamkan pada diri ananda semua untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT,” ujarnya.

Lebih jauh, Bupati Eka Putra juga mengingatkan agar para siswa tidak menyia-nyiakan waktu dan kesempatan yang ada di depan mata. Kerena tantangan ke depan jauh lebih berat dibandingkan masa sekarang.

“Kalian sekarang dihadapkan dengan zaman digital, yang mana godaan senantiasa ada di depan mata melalui berbagai media yang ada seperti handphone pintar yang kalian miliki saat ini. Melalui jaringan internet yang ada di handphone kita dengan mudah bisa mengakses situs-situs yang tidak baik yang setiap saat mampu menggoda iman kalian. Namun bapak yakin, kalian adalah generasi muda yang mampu menghadapi tantangan itu,” sampainya.

Dikatakan Bupati lagi, sebagai bentuk komitmen dan perhatian terhadap masa depan generasi muda, Pemerintah Daerah juga memiliki program unggulan Satu Rumah Satu Hafizh. Dimana, program tersebut bertujuan untuk mencetak para hafizh dan hafizah yang tentunya akan menjadi generasi yang berakhlaq dan bertaqwa kepada Allah.

“Sebagai generasi muda harapan bangsa, kalian juga harus yakin dan tanamkan di dalam diri bahwa nanti kalian akan menjadi orang yang berhasil dan berguna bagi diri sendiri, orang tua, keluarga dan masyarakat dimanapun berada. Semua ini kembali kepada diri kita sendiri, dan kuncinya adalah disiplin dan bersyukur, tentunya kalian juga harus rajin belajar dan berdoa,” tambahnya.

Bupati juga mengingatkan, para siswa serius dan fokus di dalam mengejar cita-citanya, karena tidak sedikit yang gagal mencapai cita-cita dikarenakan tidak adanya keseriusan dalam dirinya.

“Anak-anak ku semua, niat ikhlas harus dipasang dan jangan lupa setiap mau pergi ke sekolah untuk meminta restu dari orang tua. Karena selama ini mungkin diantara kalian ada yang pergi ke sekolah tanpa bicara atau berpamitan terlebih dahulu kepada orang tua, mungkin tante atau nenek dan juga kakaknya bagi yang tidak tinggal bersama orang tuanya. Jadi, setiap mau pergi ke sekolah mintalah doa restu terlebih dahulu agar ilmu yang kita tuntut langsung melekat didiri kita,” kata Bupati.

Tidak hanya kepada orang tua, Bupati juga berpesan agar para siswa dan siswi SMA Negeri 1 Padang Ganting selalu menghormati para yang selama ini telah berjasa mendidiknya selama di sekolah.

Ananda semua, sebagai generasi harapan bangsa yang akan menjadi penerus dan penyambung estafet perjuangan bangsa. Buya Hamka pernah berkata “Pemuda haruslah mempunyai cita-cita tinggi supaya hidupnya berarti. Apabila cita-cita tercapai, terutama di hari tuanya, dia akan menekur melihat anak tangga yang dilaluinya dahulu dengan tersenyum.”. Buya Hamka juga pernah berkata “Jika tidak ada cita-cita dan keinginan untuk menggapai cita-cita, maka tidak akan pernah ada kemajuan. “Untuk itu, kalian semua harus jeli melihat peluang. Apapun cita-cita ananda, persiapkan mulai dari sekarang,” pesan Bupati Eka Putra.

Tidak sampai disitu, Bupati Eka Putra juga mengingatkan agar para siswa tidak kecanduan bermain game online apalagi sampai mencoba narkoba dan yang paling penting tidak terjebak di dalam kisah kasih di sekolah yang sudah pasti akan mengganggu konsentrasi dan fokus di dalam belajar.

“Di masa-masa kalian, fokus saja kepada tujuan awal. Fokus mengejar cita-cita, membahagiakan orang tua dan juga keluarga. Sekali lagi, semua itu harus diawali dengan disiplin,” pesannya lagi.

Diakhir penyampaiannya, Bupati Eka Putra juga mengajak kepada seluruh stakeholder untuk terus mencetak generasi-generasi unggal di Tanah Datar. Karena menurutnya, generasi yang berkualitas dan berkarakter lah yang akan siap menyongsong Indonesia emas tahun 2045 di saat Indonesia merayakan kemerdekaannya yang ke 100 tahun. Mnh

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article