Kamis, Juni 13, 2024

DPK Lakukan Pembinaan Kearsipan ke Kominfo

Must read

PADANG PANJANG, dutametro.com.– Persiapan audit penilaian arsip, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) lakukan pembinaan arsip ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kamis (15/2).

Kedatangan rombongan yang dipimpin Kepala Bidang Kearsipan DPK, Sri Hidayani, S.E, Ak tersebut, disambut Sekretaris Kominfo, Ario Dian Pratama, S.T di ruang kerjanya didampingi Kasubag Umum dan Kepegawaian, Irmi Syafrita.

Sri Hidayani menyebutkan, pembinaan ini dilakukan untuk persiapan audit penilaian arsip tingkat kota yang direncanakan pada Juni mendatang.

“Hari ini kita mulai pembinaan arsip di Dinas Kominfo. Pembinaan ini nantinya akan menyasar OPD, kecamatan dan kelurahan se-Kota Padang Panjang. Kita menjelaskan secara detail formulir audit sistem kearsipan internal (ASKI),” terangnya.

Dijelaskannya lagi, adapun berbagai aspek yang dinilai nantinya yaitu aspek penciptaan, penggunaan, pemeliharaan, penyusutan, sumber daya manusia, sarana dan prasarana kearsipan.

Instrumen-instrumen tersebut dikupas dengan memberikan contoh secara langsung. Seperti tata naskah dinas, pembuatan daftar arsip aktif, pembuatan daftar arsip inaktif, pembuatan daftar arsip vital.

“Audit atau pengawasan kearsipan pada intinya adalah proses kegiatan dalam menilai kesesuaian antara prinsip, kaidah dan standar kearsipan dengan penyelenggaraan kearsipan. Tujuannya menilai bagaimana pencipta arsip melakukan pengelolaan arsip secara prosedural dan sistematik,” jelasnya.

Sri Hidayani berharap dengan kegiatan ini, dapat meningkatkan nilai pengawasan kearsipan internal di Padang Panjang dan meningkatkan capaian pengawasan kearsipan eksternal.

Sementara itu, Ario Dian Pratama mengungkapkan, apa yang telah disampaikan nantinya akan ditindaklanjuti oleh Kominfo. Sehingga mendapatkan hasil yang terbaik pada saat penilaian audit arsip.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kasi Pembinaan Asrip, Wendri Jasman dan Arsiparis, Winda Desrah M. (rifki)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article