Selasa, September 17, 2024

Kapolres Sawahlunto Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Singgalang Tahun 2023 Dan Bagikan Paket Sembako

More articles

Sawahlunto,dutametro.com.-Kapolres Sawahlunto Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Singgalang Tahun 2023 Dan Bagikan Paket Sembako.Kapolres Sawahlunto AKBP, Purwanto Hari Subekti, S.Sos Memimpin Lansung pelaksanaan kegiatan Apel Gelar Operasi Ketupat Singgalang Tahun 2023 dilapangan Apel Mako Polres Sawahlunto, Senin 17 April 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Sawahlunto yang diwakili oleh Sekdako Sawahlunto DR, dr, Ambun Kadri, MKM, Jajaran Forkopimda, Waka Polres Sawahlunto Kompol Asnomi Nanda, SH., Para Kabag, Kasat, Kapolsek, Seluruh Perwira dan Bintara Jajaran Polres Sawahlunto.

Sedangkan peserta apel terdiri dari pasukan TNI, personel Polres, Dishub, Satpol PP, Damkar, BPBD, Jasa raharja, PUPR dan Dinas Kesehatan. Serta Ormas masyarakat seperti Senkom.

Pada saat penyampaian Amanat, Kapolres Sawahlunto membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. Apel gelar Pasukan Ops Ketupat 2023 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia mulai dari tingkat Mabes hingga satuan kewilayahan.

Dalam amanatnya Kapolri Mengatakan “Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023. Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergisitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H,”

“Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui operasi Ops ketupat yang digelar selama 14 Hari sejak 18 April sampai 01 Mei 2023. Operasi ini telah diawali dengan KRYD (Kegiatan Kepolisian Rutin Yang Ditingkatkan) tanggal 10-16 April dan akan dilanjutkan tanggal 2-9 Mei 2023,”

Operasi ketupat 2023 melibatkan 148.261 personil gabungan TNI-POLRI, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Sat Pol PP, Dishub, Dinkes, Pramuka, dan Mitra Kamtibmas lainnya. Para personil nantinya akan menempati 2.787 Pos Pengamanan, Pos Pelayanan dan Pos terpadu.

Sementara untuk Operasi Ketupat Singgalang Tahun 2023 di wilayah hukum Polres Sawahlunto, AKBP, Purwanto Mengatakan “Polres Sawahlunto mendirikan 1 (satu) Pos pengamanan yang terletak di Jalan lintas Sumatera Desa Muaro Kalaban, 2 (Dua) Pos Pelayanan yang berlokasi di Simpang Lapangan Segitiga Kelurahan Saringan Kecamatan Barangin dan Terakhir di wilayah Kawasan Kandih Kota Sawahlunto,”

“Jumlah Personil yang dilibatkan di Kota Sawahlunto berjumlah 400 orang terdiri dari Personil Polres, TNI, Sat Pol PP, Dishub, Dinkes, Dinas PUPR Kota Sawahlunto serta Organisasi Masyarakat terkait,” Ujarnya saat di wawancarai Rekan Media

“Untuk menekan angka laka lantas nantinya, AKBP, Purwanto akan mengoptimalkan langkah-langkah preventif dengan menempatkan Personil dilokasi rawan laka dan rawan macet serta sudah berkoordinasi dengan instansi terkait,” Ujarnya

“Untuk Lokasi rawan Laka lantas terdapat di wilayah jalan lintas Sumatera tepatnya di depan Koramil Muaro Kalaban karena akibat pengaspalan mengakibatkan jalan licin, namun kita sudah melakukan langkah-langkah antisipasi dengan berkoordinasi dengan dishub dan dinas PUPR Kota Sawahlunto,” Sebutnya

Semetara Untuk Masyarakat yang akan Mudik, Ia Menghimbau untuk Mematuhi segala peraturan berlalu lintas, utamakan keselamatan dari pada kecepatan, pastikan rumah yang ditinggal dalam keadaan aman dan terkunci. Titipkan kepada pihak RT/RW maupun ke tetangga terdekat,”

“Apabila mengalami kelelahan segera beristirahat di Pos-pos kepolisian atau tempat peristirahatan yang aman dan nyaman, jangan paksakan untuk mengemudi kendaraan karena akan mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang pastinya merugikan diri sendiri dan orang lain,” Himbauannya

“Semoga dengan kebersamaan dan kekompakan kita semuanya mampu memastikan kelancaran hari raya idul Fitri 1444 Hijriah serta Mengwujudkan “Mudik yang aman dan berkesan” begitu pula pada saat arus balik,” kata Kapolres.

Usai Apel Operasi Ketupat Singgalang Tahun 2023, Kapolres AKBP, Purwanto Hari Subekti,S,Sos langsung membagikan Paket Sembako kepada Wartawan dan masyarakat. (Muchtar An)

- Advertisement -spot_img

Latest