Sabtu, April 20, 2024

Wisuda Hari Pertama di UNP Lancar

Must read

Padang, Dutametro.com -Wisuda Hari Pertama di UNP Lancar. Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar upacara wisuda Periode 130 tahun 2023 hari pertama di Auditorium UNP , Sabtu (18/3). Upacara wisuda ini juga secara daring disiarkan secara virtual melalui aplikasi zoom dan live streaming di laman Youtube UNP TV. Upacara wisuda ini diikuti wisudawan oleh para wisudawan beserta para orangtua, Rektor, Wakil Rektor, Dekan, dan jajaran pimpinan UNP. Meskipun telah melewati masa pandemi Covid-19, pelaksanaan upacara wisuda masih tetap memperhatikan ketentuan dan standar protokol kesehatan sebagai kebiasaan baru (new normal).

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D dalam pidatonya dengan judul “Implementasi Kepemimpinan Digital di Perguruan Tinggi”, menyampaikan bahwa Perkembangan teknologi dalam dekade terakhir telah memberikan dampak yang signifikan pada berbagai sektor kehidupan manusia. Perkembangan teknologi komunikasi, seperti internet dan media sosial, telah mengubah cara manusia berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain. Perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan tidak dapat terlepas dari pengaruh teknologi dan harus mampu mengaplikasikan teknologi dengan baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, digital leadhership (kepemimpinan digital) sangat penting untuk memastikan penerapan teknologi yang tepat dan efektif di perguruan tinggi. Kepemimpinan digital mengacu pada kemampuan pemimpin dalam memimpin dan mengelola penggunaan teknologi yang berkelanjutan, inovatif, dan strategis dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi perguruan tinggi.

Prof. Ganefri menyampaikan, terdapat empat strategi yang perlu menjadi fokus dalam optimalisasi kepemimpinan digital, yaitu pengorganisasian dan tata kelola secara digital, peningkatan kolaborasi secara nasional maupun internasional, optimalisasi dan penyesuaian peran kepemimpinan dengan penerapan teknologi di pendidikan tinggi, serta manajemen sumber daya manusia secara virtual. “Tentunya penerapan kepemimpinan digital merupakan keterampilan/skill yang juga hendaknya dimiliki oleh lulusan Universitas Negeri Padang, dimanapun mereka akan meniti karir nantinya. Penerapan skill kepemimpinan digital oleh lulusan perguruan tinggi menjadi semakin penting di tengah era transformasi digital yang sedang berlangsung. Lulusan perguruan tinggi yang memiliki keterampilan kepemimpinan digital dapat membawa manfaat besar bagi organisasi tempat mereka bekerja”, papar Prof. Ganefri.

Selanjutnya, Rektor juga memaparkan berbagai prestasi yang diraih oleh UNP, seperti keberhasilan UPT Layanan Psikologi UNP mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penilaian Kompetensi dari Badan Kepegawaian Negara. Selanjutnya Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dengan memperoleh Sertifikat Akreditasi sebagai Lembaga Pemeriksa Halal dengan Kualifikasi Pratama dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Capaian berikutnya, UNP berhasil membuka Program studi baru dan juga mulai menerima mahasiswa baru pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023 ini, pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan juga akan diterima mahasiswa Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Mandiri pada 11 prodi yang telah menerima akreditasi minimal dari BAN PT yakni S1 Ilmu Hukum, S1 Ilmu Komunikasi (FIS), S1 Teknik Geologi, S1 Teknik Elektronika (FT), S1 Pariwisata, S2 Pariwisata (FPP), S1 Bisnis Digital (FE) S2 Pendidikan Khusus, S2 Pendidikan Non Formal dan S3 Pendidikan Dasar (FIP). Di samping itu, kita sedang menunggu izin pembukaan S1 Keperawatan/ Ners dan Visitasi Prodi Pendidikan Dokter dan Profesi Kedokteran dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PTKes).

Prof. Ganefri menyampaikan “Sejak Januari 2023 ini UNP juga berhasil menambah 8 Guru Besar, 4 dari 8 orang Guru Besar tersebut telah dikukuhkan dalam Rapat Senat Terbuka UNP tanggal 17 Maret 2023 kemaren, diantaranya, dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Prof. Dr. Anton Komaini, S.Si, M.Pd, dari Fakultas Ilmu Pendidikan Prof. Ifdil. S.HI, S.Pd, M.Pd, Kons, Ph.D dan Prof. Dr. Risda Amini, M.P, berikutnya dari Fakultas Ilmu Sosial Prof. Dr. Maria Montessori, M.Ed, M.Si. Dengan bertambahnya 8 orang guru besar ini, UNP sampai saat ini, telah memiliki sebanyak 92 orang Guru Besar dan 1 orang Adjunct Professor, yaitu Prof. Dr. Nur Aisiyah Buang dari UKM Malaysia”.

Selanjutnya, Rektor juga memaparkan prestasi mahasiswa UNP khusus dalam bidang olahraga Tarung Derajat dalam Kejuaraan Nasional Tarung Derajat di Bandung Jawa Barat, yakni Vebi Sesmita Husna menyabet 1 medali emas dan Alex Syafarullah meraih 3 medali perak dan perunggu (FIK) serta Alfadli Jambak dengan raihan 3 medali perak dan perunggu.

Dalam rangka menuju World Class University, Universitas Negeri Padang (UNP) tengah gencar menjalin kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi kelas dunia, ketika menghadiri undangan kegiatan 8th Annual Eurasia Education Summit (EURIE) yang dilaksanakan di Istanbul, Turki awal bulan Maret 2023 ini diantaranya kita telah menandatangani MoU dengan Istanbul Gedik University, juga dengan Southern University (IMBL) yang merupakan perguruan tinggi terbaik peringkat 12 di Rusia. Selanjutnya tanggal 16 Maret 2023 kemaren, UNP menandatangani MoU dengan dua perguruan tinggi di Korea Selatan yaitu Jungwon University dan Kaya University.

Prof. Ganefri menutup pidato dengan memberikan selamat kepada para wisudawan dan keluarga, “Selamat atas pencapaian yang telah Saudara-saudara raih di kampus ini, yang mengawali perjalanan Saudara yang gemilang di masa mendatang. saya berharap kehadiran Saudara di tengah-tengah masyarakat bisa sungguh-sungguh memberi arti dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik,” paparnya.

Dalam wisuda periode 130 tahun 2023 hari pertama ini UNP mewisuda 944 orang wisudawan terdiri dari 17 orang lulusan Program Doktor (S3), 243 orang lulusan Program Magister (S2) , dan 600 orang lulusan Program Sarjana/ Diploma 4 (S1/D4) serta 84 orang lulusan Diploma 3 (D3).

Masing-masing wisudawan dengan IPK tertinggi pada hari pertama ini adalah: pada jenjang S3 atas nama Yuni Astuti dari Program Studi S3 Ilmu Pendidikan dengan IPK 3,91, pada jenjang S2 atas nama Wirda taufik dari Program Studi S2 Pendidikan Biologi dengan IPK 4,00, pada jenjang S1/ D4 atas nama Moriarti Warjean Luke dari Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa dengan IPK 3,83, dan pada jenjang D3 atas nama Indah Kurnia dari Program Studi D3 Teknik Sipil dan Bangunan dengan IPK 3,67. (OT/ Humas UNP)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article