Sabtu, April 20, 2024

Ketiga Kalinya, Syafrizal Ucok Terpilih Pimpin KAN Painan Periode 2023-2028

Must read

Painan,dutametro.com.-Ketiga Kalinya, Syafrizal Ucok Terpilih Pimpin KAN Painan Periode 2023-2028,Drs. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah terpilih kembali untuk ketiga kalinya menjadi Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan (Sumbar), dalam Musyawarah Ninik Mamak, Minggu (19/2/2023) pagi.

Musyawarah yang dipimpin Asril Zakaria Rajo Mudo ini dihadiri Ninik Mamak dari lima suku yang ada di Nagari Painan yaitu Melayu, Jambak, Chaniago, Tanjung dan Panai. Hadir juga Bundo Kanduang dan Wali Nagari Painan Timur Hendra Ardison Chandra dan Pj Wali Nagari Painan Utara Rian Anggara.

Dalam periode ketiga ini, Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah akan memimpin KAN Painan untuk tahun 2023-2028, yang membawahi tiga nagari hasil pemekaran yaitu Nagari Painan Utara (induk), Nagari Painan Timur dan Nagari Painan Selatan.

“Alhamdulillah, ini merupakan kepercayaan dari Ninik Mamak Nagari Painan, sekaligus bagi kami ini merupakan tanggung jawab dari seorang penghulu. Insya Allah akan kami laksanakan dalam menjaga adat dan amanah dari Ninik Mamak ini,” kata Syahrizal Ucok, yang juga Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Pesisir Selatan ini.

KAN adalah mitra strategis bagi pemerintahan nagari, terutama dalam melestarikan adat Minangkabau, menyelesaikan masalah sako dan pusako serta menyelesaikan sengketa tanah ulayat di nagari.

Dalam waktu dekat KAN Painan akan mempersiapkan acara “Balimau Paga” dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan. Acara ini selain silaturahmi mamak dan kemanakan serta perantau, “Balimau Paga” juga telah dipelihara selama ini sebagai sebuah tradisi saling bermaaf-maafan dari anak nagari Painan.

Selengkapnya pengurus inti KAN Painan periode 2023-2028 yang disepakati dalam Musyawarah Ninik Mamak ini adalah Ketua Drs. H. Syafrizal Ucok MM Datuak Nan Batuah, Wakil Ketua I Harwal Dt. Rajo Johan, Wakil Ketua II Yusrizal, BA Dt. Kando Marajo, Sekretaris H. Suib, SH., Wakil Sekretaris Syafri, SE. Dt Rajo Sati, Bendahara Datuak Rajo Alam, Wakil Bendahara Arlina Ali.

Kepengurusan KAN Painan ini akan dilengkapi dengan bidang-bidang. Dalam penyusunan, Ketua KAN dibantu oleh Tim Formatur yaitu Afrizal Datuak Rangkayo Basa, Hasfian Khailani Imam Padang dan Bundo Kanduang Hj Moesni Udin, S.Pd. (*)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article