Selasa, Mei 21, 2024

Pemerintah Kecamatan Sikakap Keluarkan 3 Imbauan Di Musim Kemarau

Must read

Sikakap,dutametro.com.-Musim Kemarau, sudah 3 bulan hujan tidak turun, Pemerintah Kecamatan Sikakap mengeluarkan Tiga imbauan pada musim kemarau.

Camat Sikakap, Victor Sababalat, mengatakan, sekarang lagi musim kemarau, sudah tiga bulan hujan tidak turun, ini membuat tanah kering, rerumputan banyak yang mati, begitu kayu, hal ini disebakan pasokan air tidak ada, imbauan Pemerintah Kecamatan Sikakap untuk masyarakat kalau membuka lahan jangan melakukan dengan cara membakar, sedikit saja lahan atau hutan terbakar maka dengan cepat apinya menyebar.

Terjadinya kebakaran lahan atau hutan yang rugi tentu masyarakat, perladangan masyarakat apa umumnya dekat dengan pemukiman masyarakat.

Seperti terjadi kebakaran lahan pada hari Jumat (13/10/2023) lalu, terjadi kebakaran lahan dekat bangunan SMPN 3 Sikakap, Desa Matobe, Kecamatan Sikakap, pelakunya orang yang tidak bertanggung jawab, setelah lahan dibakar orang tersebut pergi, berkat kesigapan petugas Damkar Kecamatan Sikakap, TNI-POLRI, dan masyarakat api dapat di padamkan, kalau tidak kemungkinan besar bangunan SMPN 3 Sikakap ikut terbakar.

Imbauan kedua kalau keluar rumah sebaiknya pakai masker hal ini disebabkan di luar rumah banyak abu berterbangan, dengan memakai masker kita bisa terhindar dari penyakit batuk.

Untuk mengurangi abu di jalan kita akan bekerjasama dengan pihak damkar kecamatan Sikakap agar melakukan penyiram air di jalan, dan saran umum, seperti sekolah, puskesmas, dan lainnya.

Imbauan ketiga di musim kemarau stok air mulai menipis, untuk itu pergunakanlah air sehemat mungkin, jangan memakai air seperti musim penghujan.

Perbanyak minum air hangat dan buah-buahan seperti pisang, dan sayur-sayuran, dengan mengonsumsi buah dan sayur-sayuran maka imun tubuh akan meningkat, dengan meningkatnya imun tubuh penyakit tidak mudah masuk kedalam tubuh kita, Tuturnya, Kamis, (19/10/2023).

Petugas Damkar Kecamatan Sikakap,Rahmat Hidayat, mengatakan, selama musim kemarau kita sudah melakukan beberapa kegiatan penyiram dari sarana umum, Selasa (17/10) lalu kita melakukan penyemprotan di lingkungan SMPN 1 Pagai Utara Selatan (PUS), Tuturnya. SL

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article