Selasa, Oktober 22, 2024

Pesan Menteri Agama Pada Apel Hari Santri Nasional 2024 di Sawahlunto

More articles

Sawahlunto, dutametro.com – Apel Hari Santri Nasional (HSN) tingkat Kota Sawahlunto dipusatkan di Pondok Pesantren Ababil Lunto Desa Lunto Timur Kecamatan Lembah Segar, Selasa (22/10/2024). Bertindak sebagai pembina apel Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Irzam K.

Membacakan sambutan Menteri Agama, Pj Sekda Irzam mengungkap bahwa momentum Hari Santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober merupakan pengingat akan peran historis para santri dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
“Sejarah telah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah. Salah satu buktinya adalah peristiwa Resolusi Jihad pada tanggal 22 Oktober 1945 yang dimaklumatkan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyar,” ujar dia membacakan amanat Menag RI.

Adapun tema menyambung juang merengkuh masa depan merupakan implementasi dari sebuah makna yang tertera dalam salah satu bait dalam Kitab Alfiyyah Ibnu Malik yang mengatakan “Seorang santri mempunyai tugas untuk melanjutkan perjuangan kiyai, ketika sang kiyai telah wafat”.

“Tema ini sebuah penegasan bahwa santri masa kini memiliki tugas untuk meneruskan perjuangan para pendahulu yang telah berjuang tanpa kenal lelah demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa,” lanjut dia masih membacakan amanat Menag RI.

Apel yang juga dihadiri Ketua DPRD Susi Haryati, Anggota DPRD Hendri Elvin, Kakan Kemenag Dedi Wandra Ketua Baznas, Pejabat Struktural dan Fungsional Kemenag Kota Sawahlunto, Pimpinan Pondok Pesantren, Tokoh Masyarakat, Santriwan dan Santriwati Ponpes Ababil serta undangan lainnya itu juga dilakukan penyerahan insetif guru LPQ dan MDT serta penyerahan sertifikat pemenang Porsadin Tingkat Provinsi yang langsung diserahkan Pj Setda yang didampingi oleh Ketua DPRD dan Kakankemenag Kota Sawahlunto, H. Dedi Wandra. Dan dilanjutkan dengan penyerahan piala KSM tingkat MA, dan Apel HSN 2024 ditutup dengan penampilan Hadrah oleh Santri Ponpes Ababil Lunto.(rki)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest