Kamis, Mei 30, 2024

Permudah Mobilitas Warga, Pemkab Agam Bangun 10 Unit Jembatan Tahun 2023

Must read

Agam, dutametro.com-Pemerintah Kabupaten Agam terus membangun infrastruktur kerakyatan khususnya jembatan yang merupakan akses penghubung dalam mobilitas masyarakat.

Pada tahun anggaran 2023 melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Pemkab Agam anggarkan Rp6,5 milyar pada 10 titik yang ada di Kabupaten Agam.

Pembangunan jembatan tersebut antara lain di Kecamatan Kamang Magek 2 jembatan yaitu Bansa dengan anggaran Rp1,1 milyar dan jembatan Tambuo dengan anggaran Rp976 juta.

Kemudian 2 unit di Kecamatan Tanjung Mutiara yakni jembatan Jorong Labuhan dengan anggaran Rp1,8 milyar dan jembatan Ujuang Guguang Bukik Batu Apuang dengan anggaran Rp700 juta.

Selanjutnya 2 unit di Kecamatan Tanjung Raya yakni jembatan Tangah di Nagari Koto Gadang Anam Koto dengan anggaran Rp280 juta dan jembatan Tangah/Tapi dengan anggaran Rp365 juta.

Kecamatan Lubuk Basung juga dibangun 2 unit yakni jembatan Durian Labu Dusun Padang Baru Lubuk Jua Manggopoh dengan anggaran Rp190 juta dan Pengamanan Abutment jembatan Simpang Batam dengan anggaran Rp100 juta.

Selain itu jembatan Jorong Muaro Nagari Koto Rantang Kecamatan Palupuh dengan anggaran Rp308 juta serta rehab jembatan Rajang Bawan Tuo, Kecamatan Ampek Nagari Rp121 juta.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Agam melalui Bidang Bina Marga, Gani Basya saat dijumpai di kantornya, Rabu (23/8), mengatakan pembangunan jembatan tersebut tentunya akan mempersingkat waktu dan meningkatkan aksesibilitas masyarakat menuju sekolah, pasar, tempat kerja dan lain sebagainya.

“Pemerintah terus bertekad dalam pembangunan fisik untuk meningkatkan aksesibilitas warga dalam peningkatan sektor ekonomi, pendidikan dan pariwisata,” ujarnya.

Gani juga menambahkan saat ini proses pembangunan jembatan rata-rata sudah mencapai 25%.

“Insya Allah pertengahan Desember jembatan tersebut sudah bisa digunakan oleh masyarakat,” tutupnya. Adm

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article