Kamis, Juni 13, 2024

Kapolres Solsel Resmikan Gedung SPKT dan Launching Da’i Kamtibmas

Must read

Solsel, dutametro.com – Polres Solok Selatan resmikan pemakaian gedung Satuan Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), Selain peresmian gedung SPKT Polres Solok Selatan juga lakukan Launching Da’i Kamtibmas, untuk tujuh kecamatan. Senin (27/5/2024).

Turut hadir dalam dua rangkaian kegiatan itu, Bupati Solok Selatan Khairunas, Wakil Bupati Yulian Efi, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda, Dandim 0309 Solok, Kejari Solsel diwakili kasi Barang Bukti Yuharmen Yakup, Kemenag Solok Selatan, ketua Bayangkari Polres Solok Selatan Ny. Desty Arief Mukti, ketua LKAAM, pimpinan Bank Nagari Lubuk Gadang.

Kankemenag Solok Selatan diwakili Kasubag TU Syafra Haradi dalam sambutanya mengatakan. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok Selatan tentunya selalu mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada jajaran Polres Solok Selatan yang pada hari ini akan me Launching ikon Golden.

Kami yakin dan percaya, seandainya ini tetap kita lanjutkan tentu Kabupaten Solok Selatan akan menjadi kabupaten yang tertib, aman dan tidak ada ya keributan-keributan yang berarti, termasuk kenyamanan beribadah.

Kita tahu bahwasanya di era sekarang ini kita lihat banyak yang terjadi macam macam kejahatan, yang barangkali oleh para Dai-Dai saja itu tidak bisa di atasi dengan semaksimal mungkin, kita lihat sekarang fenomena yang ada sering kita lihat membully, intoleransi ini sangat banyak terjadi, bahkan sampai ke daerah palung bawah.

kita ada anak-anak murid dia sama temannya membully temannya Kami yakin dengan adanya hari ini di launching enggak ikon germas ini akan bisa kita atasi. Saya yakin dan percaya itu karena dengan kita turun bersama antara Da’i dengan Solok Selatan akan bisa mencegah semua-semua yang terjadi.

Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda juga memberikan wejangan atas kinerja Polres Solok Selatan, Zigo selaku ketua DPRD Solok Selatan memberikan apresiasi kepada Polres Solok Selatan, karena telah melakukan kegiatan program-program kemitraan tidak terlepas untuk pelayanan kepada masyarakat Solok Selatan.

Mudah-mudahan dengan kegiatan ini ke depan kita selaku Mitra dengan pihak Polres, semakin memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan pemerintah Kabupaten Solok Selatan.

Mudah-mudahan Kapolres beserta jajaran kita semua demi mendoakan kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Solok Selatan khususnya, dan juga umumnya bagi masyarakat yang bisa menikmati kegiatan ini sehingga kita dalam menjalankan tugas kepemerintahan bisa sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Dan juga Bapak Ibu sekalian kami lihat semasa Pak Kapolres Pak Arif Mukti pada kegiatan ini banyak inovasi-inovasi yang beliau lakukan di Kabupaten Solok Selatan untuk pelayanan kepada masyarakat, mudah-mudahan ke depan ini bisa menjadi lebih lagi bagi kita di Kabupaten Solok Selatan.

Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat baik itu dari dalam maupun di luar Kabupaten Solok Selatan, dan juga kami mendoakan ini bisa menjadi amal pahala bagi kita semua, karena programnya dari ini sejalan dengan program pemerintah.

Kalau Pemerintah Solok Selatan punya program satu jorong satu rumah Tafis, kapolres juga memiliki program yang menarik juga dibidang keagamaan.

Ini menandakan bahwa kita di Solok Selatan sejalan, bagaimana bisa melayani masyarakat sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan yang terjadi pada setiap insan manusia, kesempatan pada hari ini sangat bermanfaat sekali untuk kedamaian dalam menghadapi berbagai kegiatan kedepanya.

Pada kesempatan berbahagia ini, Saya memberikan apresiasi dan yang kedua mendoakan kita semua agar selalu diberi kesehatan dan karir dalam menjalankan tugas, selalu sesuai yang dapat kita harapkan.

Mungkin juga saya mengucapkan mohon maaf karena ini sudah di ujung-ujung masa masa jabatan sebagai ketua DPRD, lebih kurang 2 bulan lagi, Saya menjabat sampai tanggal 14 Agustus nanti, setelah tanggal 14 Agustus jadi rakyat biasa, tapi Insyaallah tanggal 1 Oktober di lantik menjadi anggota DPR- RI.

Sekalian saya mengucapkan mohon maaf kepada kita semua, apabila dalam selama kami menjabat, bertugas kurang berkenan kepada kita semua dan Saya jujur diakui Pak Kapolres sumur masih sangat muda, masih banyak belajar.

Hari ini Saya baru berumur 33 tahun, jadi masih banyak pelajaran-pelajaran yang harus diambil dalam menjalankan kehidupan-kehidupan ini, baik itu kelemahan dan bertugas jika pemerintahan maupun menjadi manusia” ucap politisi Golkar perai suara terbanyak DPR-RI itu.

Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti Surya Adi Sabhara dalam sambutanya menyampaikan. Perlu kami sampaiian pada hari ini, tujuan dari semua ini adalah unutk menciptakan kedamaian dan kenyamanan, makanya dalam acara ini kami mengambil tema.

” Dalam Rangka Cipta Situasi Kondusif Pelaksanaan Pilkada Serentak 2024″

perlu kita ketahui bersama bahwa dengan kemajuan teknologi dan semakin derasnya arus informasi yang ada munculnya isu-isu Sentral terkait dengan demokrasi dan transparasi, hak asasi manusia yang sangat berpengaruh terhadap tantangan.

Tugas Polri ke depan yang semakin berat dan kompleks untuk itu peran sebagai alat negara penegak hukum pelindung dan pengayom kepada masyarakat dalam menciptakan keamanan dalam negeri yang kondusif itu semakin meningkat.

Hal tersebut harus membuat Polri semakin Intens untuk meningkatkan kualitasnya baik dari segi personil sumber daya manusianya sendiri sarana prasarananya sendiri piranti lunak anggaran dan IT yang berbasis IT.

DA’I Kamtibmas ini merupakan salah satu kemitraan Polri yang mana nanti konsepnya itu adalah akan bersama-sama atau bermitra dengan pihak kepolisian dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas yang ada di wilayah Kabupaten Solok Selatan.

Kalau kita lihat di kamus besar indonesia kata dari ini artinya adalah pendakwah, penceramah, jadi perlu diketahui bahwa kegiatan seperti ini memang terus terang untuk kenyamanan sampai kapan.

Lalu dari programnya Pak Bupati yaitu satu jorong satu rumah tahfis dan saya berusaha mengimbangi inovasi inovasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah melalui visi dan misi bupati.

Mau tidak mau harus ada sinergitas antara pemerintahan dengan kepolisian yang kita sampaikan oleh pak ketua dewan Tadi emang benar adanya.

Alhamdulillah program-program yang kami buat itu dasarnya dengan program-program pemerintahan yang ada di Kabupaten Solok Selatan.

Seperti bulan kemarin bulan puasa kita mengajar mengaji, karena 99% masyarakat Kabupaten Solok Selatan adalah beragama umat muslim, jadi yang kita harapkan dengan adanya dari Da’i Kamtibmas ini bisa ikut andil di setiap khotbahnya di setiap salat Jumat, sebelum atau sesudah bisa menyampaikan isu-isu yang sedang berkembang.

Semisal, kasus sekarang lagi maraknya pembullyan di kelas-kelas baik itu tingkat SD sampai tingkat SMA, bahkan tingkat kuliah dan yang lebih miris hati lagi, banyak tindak pidana pencabulan maupun pertumbuhan di bawah umur.

Dalam 1 bulan hampir 3 atau 4 LP yang kami terima, ini harus memiliki pondasi pondasi akhlak yang baik hati nurani, pada hari inilah yang memasukan inovasi inovasi itu kepada anak-anak generasi bangsa kita, sehingga moralnya tidak rusak.

Kalau moralnya sudah rusak, otomatis generasi menurut kita tidak akan bisa membangun negara ini dengan baik itu visi ke depannya seperti itu, dan juga berita-berita hoax yang dapat merusak persaudaraan atau kerukunan umat beragama maupun kerukunan di dalam antar golongan, antar Nagari dan sebagainya.

Dari mana anggota DA’I ini, pesertanya diambilian dari masing masing nagari dari tujuk kecamatan, dan mereka sudah diseleksi, yang lebih banyak itu dari penyuluh agama.

Alhamdulillah sudah bisa menanganinya dengan baik, berkat arahan Dari Sat Dimas terkait tugas pokoknya perannya sebagai Mitra kepolisian di dalam menciptakan situasi Kamtibmas.

Jadi intinya dari aktivasinya adalah bersifat preventif ataupun pencegah terutama pada menjelang masa pemilihan kepala daerah tahun 2024.

Hari ini juga diresmikan gedung Golden Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Apa maksudnya SPKT yang terpadu jadi kita pusatkan seluruh pelayanan Kepolisian yang melayani masyarakat di dalam satu pintu, ada pelayanan Reskrim ada pelayanan Lalu Lintas dan ada pelayanan Intelegen.

nanti kita akan melihat di dalam Apa saja bentuk pelayanannya yang mungkin menerima laporan pengajuan masyarakat perkembangan hasil penyelidikan surat izin keramaian dan sebagainya.

Pelayanan satu pintu kita mengacu kepada pelayanan Prima yang berbasis IT seperti itu, jadi SPKT ini nanti harus bermanfaat bagi masyarakat khususnya di kabupaten Solok Selatan yang membutuhkan pelayanan cepat dari kepolisian khususnya Polres Solok Selatan.

Saya berharap dengan adanya launching dari estimasi ini dan peresmian gedung Golden Central yang terpadu, sebagai pendukung tugas kepolisian yang proporsional dan terbangunnya kultur kepolisian, sesuai dengan harapan masyarakat serta bertanggungjawab kepada publik sebagai pemangku kepentingan, atau stakeholder.

Bupati Solok Selatan Khairunas dalam sambutanya menyampaikan, selaku pemerintah tah daerah Solok Selatan, kami sangat bangga dan berikan apresiasi kepada Kapolres Solok Selatan beserta jajaranya, karena selama ini banyak kegiatan kegiatan yang bersifat kemaslahatan.

Buktinya sudah dua gedung yang dibangun selama kepemimpinan kapolres AKBP Arief Mukti, bisa menjadikan gedung ini sebagai pelayanan terpadu, bisa memberikan kenyamanan kepada masyarakat sambil. menunggu proses administrasi.

Bagi kami pemerintah akan memberikan dukungan dan hari ini sejumlah agenda pelayanan bagi. masyarakat sudah terwujud, sehingga masyarakat yang berurusan keadilan tidak menunggu lama.

Satu satunya Polres di Sumbar yang baru menggelar acara Launching Da’i Kamtibmas adalah Polres Solok Selatan.

Sebagai pemimpin tidak ada sesuatu itu yang tidak diprogramkan dan direncanakan, dan sukses itu tidak datang tiba tiba saja, namun butuh proses juga.

Kita sidah dipersiapkan sejak 30 tahun yang lalu, artinya kita sudah dipersiapkan menjadi pemimpin di suatu tempat,

Selama kapolres bertugas di Solok Selatan sudah banyak yang memberikan banyak untuk masyarakat dan pemerintah, termasuk keamanan, kenyamanan dan ketentraman bermasyarakat.

Pembangunan Solok Selatan tidak cukup dengan Bupati dan Wakil Bupati saja, semua unsur harus terlibat, termasuk Forkopimda yang saling mendukung, termasuk Polres Solok Selatan.

Tentu kita berharap dengan banyaknya pen duduk di Solok Selatan 52 ribu penduduk di Ibu Kota Solok Selatan ini, banyak kegiatan kegiatan keramaian dan bermanfaat bagi ekonomi masyarakat semakin bergairah.

Kita akan menciptakan kenyamanan dan ketentraman terhadap masyarakat dan anak anak yang menimba ilmu pendidikan termasuk mahasiswa.

58 persen uang sudah beredar di Solok Selatan, artinya pelaku ekonomi melalui UMKM sudah bisa bicara dan merasakan kenyamanan dalam melakukan aktivitas sebagai pedagang. (Med)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article