Senin, Mei 27, 2024

DIFASILITASI BAPPEDA, BIG GELAR SOSIALISASI IMPLEMENTASI APLIKASI PETA KITA

Must read

PADANG PANJANG, dutametro.com – Difasilitasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Informasi Geospasial (BIG) menggelar Sosialisasi Implementasi Aplikasi Peta Kita. Diikuti 75 orang Tim Teknis Serambi Geoportal Kota Padang Panjang seluruh OPD di Aula Bappeda Selasa (28/11).

Peta Kita merupakan aplikasi yang dikelola BIG. Aplikasi tersebut dapat digunakan sebagai navigasi, pemetaan partisipatif, dan memperoleh data-data informasi spasial.
Sedangkan Informasi spasial merupakan informasi berupa garis, titik, maupun luasan. Informasi titik dapat berupa jalan, sungai, atau batas. Informasi titik dapat berupa pohon, titik patok. Serta Informasi berupa luasan. Bisa berupa sawah, pekarangan, atau ladang.

Sekretaris Bappeda Argus Saadah, S.Sos, M.Si mengatakan, sosialisasi tersebut dilaksanakan guna mendukung kebijakan satu peta. Seperti yang telah dilakukan Pemko mengembangkan aplikasi berbasis GIS sejak 2006 yang pada awalnya berbasis desktop.

Pada 2011 aplikasi ini mulai dikembangkan dalam bentuk webGIS namun belum berjalan optimal. Pada 2018 Padang Panjang mengembangkan aplikasi Serambi Geoportal sebagai wadah berbagi pakai data/informasi geospasial melalui kerja sama dengan BIG.
“Alhamdulillah berkat kerja sama semua tim, baik tim teknis seluruh OPD maupun support yang luar biasa dari BIG, pemanfaatan Serambi Geoportal terus meningkat,” katanya.

Pada 2022, sebutnya, Padang Panjang meraih Bhumandala Nawasena. Selanjutnya 2023 meraih Bhumandala Kanaka untuk inovasi pemanfaatan data geospasial melalui aplikasi Simpel Perumdam Tirta Serambi Padang Panjang.

“Semoga dengan sosialisasi implementasi data geospasial melalui aplikasi Peta Kita, akan semakin memudahkan kita untuk terus meningkatkan kuantitas dan kualitas data geospasial kita,” ujarnya. (harris/Pulkani)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article