Kamis, Mei 30, 2024

Solok Selatan Bakal Terima Dua Penghargaan Tingkat Nasional dari Kemendes & PDTT

Must read

Solsel,dutametro.com.- Kabupaten Solok Selatan bakal menerima dua penghargaan tingkat nasional yang diwakili oleh Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Madani Lubuk Malako, Kecamatan Sangir Jujuan. Penghargaan ini akan diberikan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT).

Dua penghargaan ini diperoleh dari Lomba Badan Usaha Milik Nagari/Desa (BUMNag/ Desa) sebagai nominasi BUM Desa Inspiratif kategori BUM Desa Bermanfaat, serta keberhasilan transformasi UPK PNPM-MPd menjadi Desa Bersama dalam rangka memeriahkan Festival Hari BUMDesa 2023.

Bupati Solok selatan H. Khairunas akan mendapatkan penghargaan sebagai salah satu kepala daerah yang berhasil 100% mentransformasikan Eks Unit Pengelola Kegiatan (UPK) dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Perdesaan (PNPM–MPd).

“Kedua penghargaan ini nantinya akan diserahkan dalam acara Pesta Rakyat dalam rangka Hari BUM Desa 2023 di Kabupaten Bintan, Kamis (2/2/2023) mendatang,” terang Sekdakab Solsel, Dr. Syamsurizaldi, Minggu (29/1/2023).

Adapun penilaian untuk BUM Desa Bermanfaat ini ditekankan pada penilaian keberadaan BUM Desa/BUMDesma yang memberikan dampak positif bagi lingkungan dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat.

Indikator penilaiannya yakni penyerapan tenaga kerja, kontribusi terhadap pendapatan asli desa (PADes), dan dampak bagi sosial ekonomi masyarakat desa.

Sebelumnya, BUMNag Madani juga sudah mendapatkan posisi pertama dalam Lomba Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Berprestasi tingkat Sumatera Barat.(Med)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article