Minggu, September 8, 2024

Melalui Program TMMD Aspirasi Masyarakat terjawab

More articles

Eksistensi militer di Indonesia memiliki ciri yang khas, berbeda dengan militer lain di dunia.
Pola interaksi antara TNI dan rakyat telah melahirkan kedekatan yang mendalam, yang tergambar dalam kemanunggalan TNI-Rakyat. Halini tidak terlepas dari perjalanan panjang sejarah terbentuknya militer Indonesia.

TNI dan rakyat memiliki hubungan senyawa yang tidak bisa dipisahkan,Salah satu program untuk merawat dan mengokohkan kemanunggalan TNI-Rakyat adalah TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

TMMD merupakan salah satu implementasi dari tugas militer selain perang, yaitu memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan system pertahanan semesta.Selain itu TMMD juga sebagai sarana memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, karena TMMD merupakan kegiatan lintas sektoral yang memungkinkan seluruh

elemen bangsa terlibat di dalamnya.
Nilai strategis lain dari TMMD adalah membantu pemerintah di daerah dalam percepatan pembangunan yang dilaksanakan melalui kegiatan gotong royong di tengah masyarakat.

Dalam amanat penutupan TMMD ke-114, Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, menyatakan, Progam TNI Manunggal Membangun Desa ini telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD).Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, Program TMMD yang telah berlangsung selama 42 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat mengingat sebagaian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat dibutuhkan.

Hal itu diperkuat oleh pernyataan bupati Barito Utara, H. Nadalsyah sesaat setelah membuka TMMD ke-14Kodim 1013/Mtw , pada hari Selasa, tanggal 26 Juli 2022 di kelurahan Jingah, kecamatan Teweh Baru, kabupaten Barito Utara, TMMD merupakan program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena program-program yang dicanangkan bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat. Dengan adanya TMMD pemerintah daerah sangat terbantu, Banyak program-program pembangunan pemerintah daerah, karena kondisi geografi maupun kondisi social, pemda mengalami hambatan dan keterbatasan, namun bila dikerjakan dalam program TMMD, semua bisa tuntas. Oleh karena itu TMMD sangat perlu untuk akselerasi pemerataan pembangunan.

Sementara itu Komandan Korem 102/Pjg, Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, menyatakan ”Seiring denganberjalannya waktu, saat ini program TMMD telah mampu bertransformasi menjadi bagian penting dalam membantu pemerintah guna mempercepat pembangunan, khususnya di daerah-daerah pedesaan dan pelosok tanah air yang sulit dijangkau.

Pelaksanaan TMMD yang digelar serentak di berbagai daerah di Indonesia, juga dinilai telah mampu berperan menjadi indikator penting bagi suksesnya pembangunan di pedesaan dan semakin meningkatnya kesejahteraan rakyat, serta menjadi program yang dinanti-nanti oleh seluruh masyarakat Indonesia”,tegasnya.

Semua itu tergambar dalam TMMD ke-114 yang dilaksanakan di kelurahan Jingah, KecamatanTeweh Baru, Kabupaten Barito Utara,. Lewat tangan-tangan terampil dan semangat serta dilandasi niat tulus ikhlas prajurit TNI yang terus manunggal, menyatu dan bergotong-royong dengan masyarakat, dapat dicapai berbagai hasil TMMD, baik berupa sasaran fisik seperti pembukaan jalan, pembuatan pos kamling, pembangunan TPA (Taman Pendidikan Alquran),maupun program yang bersifat non fisik berupa penyuluhan bagi masyarakat.( Penrem)

- Advertisement -spot_img

Latest