Senin, Mei 27, 2024

H. Khairunas Dilantik Jadi Ketua Mabicab 0319 Gerakan Pramuka Solok Selatan

Must read

Solsel – H. Khairunas didapuk menjadi Ketua Mabicab untuk masa bakti 2022-2027 mendatang. Pelantikan ini juga melantik seluruh jajaran Mabicab Solok Selatan.

Selain itu, juga dilakukan pelantikan pengurus Kwarcab 0319 Gerakan Pramuka Solok Selatan dengan Ketua Kwarcab Zigo Rolanda.

Pelantikan Kamabicab dan Mabicab ini dilakukan langsung oleh Ketua Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat Audi Joinaldy di Aula Sarantau Sasurambi, Kantor Bupati Solok Selatan khairunas, Selasa (31/1/2023).

Dalam sambutannya, Khairunas mengatakan keberadaan Gerakan Pramuka Solok Selatan bisa dijadikan sebagai sarana untuk menggairahkan kembali semangat kegotongroyongan di tengah masyarakat.

“Gerakan Pramuka harus mampu menggerakkan para generasi muda baik dari segi penguatan agama, penguatan rasa nasionalisme, penguatan nilai budaya bangsa maupun penyadaran akan konsep dasar kemanusiaan,” kata Khairunas.

“Kemudian nilai positif lainnya yang ditanamkan di Gerakan Pramuka adalah musyawarah untuk mufakat sebagai azas demokrasi dan juga rasa kekeluargaan serta sikap toleransi,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Zigo Rolanda menyebut setelah vakum lebih kurang selama dua tahun terakhir, dengan dilantiknya kembali Mabicab dan pengurus Kwarcab Solok Selatan diharapkan bisa menjadi upaya kembali memajukan kepramukaan di kabupaten ini.

“Dengan dilantiknya pengurus baru Kwarcab maka tentu kita harus berkomitmen mengembangkan Gerakan Pramuka di Solok Selatan. Bergandengan tangan dengan seluruh pihak pimbinaan dan bimbingan dari Kwarda,” terangnya.

Zigo berharap ke depannya Pramuka bisa bermanfaat dan hadir di tengah masyarakat.

Usai pelantikan, Ka Kwarda Sumatera Barat Audi Joinaldy mengharapkan dengan adanya pengurus baru ini lebih mengutamakan kualitas ketimbang kuantitasnya.

Selain itu, Pramuka juga diharapkan bisa bekerja sama dengan dengab kegiatan di Solok Selatan, terlebih tahun ini terdapat dua even besar di kabupaten ini.

“Pramuka ini bisa bekerja sama dengan banyak stakeholders, tentunya pemerintah kabupaten untuknya menyukseskan even. Kita tahu tahun ini Solok Selatan puinya even besar tingkat provinsi, pertama tuan rumah Uda Uni dan kedua MTQ tingkat provinsi, ini pertama kali keduanya. Kami yakin Pramuka di sini bisa berhasil menyukseskan kedua acara ini,” pungkasnya. (Med)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article