Selasa, Juli 16, 2024

Misi Sosial UNP dan UiTM di Panti Asuhan Asyiyah: Mengukir Senyum dan Harapan Baru

More articles

Padang, dutametro.com — Sebuah langkah mulia diambil oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang (UNP) dan Fakultas Bisnis dan Manajemen Universiti Teknologi MARA (UiTM) Cawangan Melaka pada 28 Mei 2024. Mereka menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat internasional di Panti Asuhan Asyiyah, Koto Tangah, yang dipenuhi semangat kebersamaan dan kepedulian.*

Acara ini melibatkan 40 mahasiswa dan 5 dosen dari UiTM serta 10 mahasiswa dan 10 dosen dari FEB UNP, bersama dengan 40 anak asuh dan pengurus panti asuhan. Ini adalah momen istimewa di mana dua institusi lintas negara bersatu dalam misi sosial, memberikan harapan dan inspirasi bagi mereka yang kurang beruntung.

Dr. Marwan, S.Pd., M.Si, Wakil Dekan 1 FEB UNP, membuka acara dengan penuh antusiasme. Beliau mengucapkan terima kasih kepada FBM UiTM atas kunjungan dan kontribusi mereka, serta mengajak anak-anak panti untuk tidak pernah berhenti bermimpi besar dan bekerja keras demi masa depan yang cerah.

“Keberhasilan adalah hasil dari niat yang kuat, usaha tanpa henti, dan doa yang tulus. Jangan pernah menyerah dalam meraih cita-cita kalian,” pesan Dr. Marwan, yang disambut dengan tepuk tangan meriah.

Kegiatan pengabdian ini dibagi menjadi dua sesi: indoor dan outdoor. Sesi indoor dimulai dengan pemaparan inspiratif oleh Dr. Fardlur Bin Rahim, yang menekankan pentingnya prestasi dan pengembangan diri. Selanjutnya, anak-anak mengikuti kelas bahasa Inggris dan Mandarin yang dipandu oleh Amir, ketua proyek mahasiswa dari UiTM.

Sesi outdoor berlangsung di Pantai Ujung Batu, Koto Tangah, di mana berbagai permainan seru digelar untuk meningkatkan keterampilan sosial dan kerjasama anak-anak. Permainan ini bukan hanya hiburan, tetapi juga cara untuk mengasah soft skill mereka, seperti kerjasama tim dan komunikasi efektif.

Menutup kegiatan dengan kehangatan, tim dari UiTM memberikan donasi senilai 20 juta rupiah dalam bentuk uang tunai, alat tulis, dan santunan untuk anak-anak panti. Donasi yang setara dengan 8.000 ringgit Malaysia ini diserahkan langsung oleh dosen dan mahasiswa UiTM kepada pengelola panti.

Moh Isham bin Abdin, ketua tim dari UiTM, mengungkapkan rasa syukur dan harapannya agar kontribusi ini dapat memberikan dampak positif bagi panti asuhan. “Kami berharap bantuan ini dapat sedikit meringankan beban dan memberikan semangat baru bagi anak-anak di sini,” ujarnya.

Kegiatan ini bukan hanya sekedar program pengabdian, tetapi juga simbol dari persahabatan internasional dan komitmen untuk membawa perubahan. Melalui kerjasama lintas batas, mahasiswa dari kedua universitas ini berhasil menunjukkan bahwa jarak bukanlah penghalang untuk berbuat baik dan memberikan inspirasi bagi sesama.

Re

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest