Kamis, Mei 30, 2024

Ketum Aspena : Sharing Informasi di Bandung akan Kita Bawa dalam Program Aspena Kedepan

Must read

Ketua Umum Asosiasi Pemuda Nagari (ASPENA) Kabupaten Dharmasraya, Darisman, MM dalam sharing informasi di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, mengatakan sharing informasi yang dilakukan Aspena saat ini menjadi barometer dalam program Aspena kedepan.

“Kawan kawan saya lihat sangat antusias sekali mengikuti sharing informasi ini, apalagi setelah mendengarkan apa yang telah di lakukan Kepala Desa Cingcin, H Aceng Syuhud, dalam memberdayakan pemuda dalam membangun desa, ” jelasnya.

Kata Darisman, kegiatan sharing informasi kali ini, Aspena akan belajar ke Desa Cingcin, Kecamatan Soreang, Desa Gandasari Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung Provinsi Sumatera Barat.

“Disana kita akan sharing informasi apa yang telah kami lakukan dan kemudian kita akan mencontoh apa yang telah dilakukan oleh dua desa di Bandung ini dalam ikut serta membangun desanya dan daerahnya, ” jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Darisman mengungkapkan atas nama Aspena Dharmasraya mengucapkan ribuan terima kasih kepada Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, yang telah mensuport dan memfasilitasi Aspena untuk terus ikut serta membangun Kabupaten Dharmasraya.

“Aspena akan terus berkolaborasi dengan pemerintah baik pemerintah nagari maupun pemerintah kabupaten untuk bersama membangun Dharmasraya yang kita cintai ini, ” tandasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Pemuda Sungai Duo, Hendra Kusuma, dalam kegiatan sharing informasi yang dilakukan ini, para pemuda yang ada tidak hanya larut dalam suasana perjalanan, rasa kekeluargaan juga tumbuh untuk terus menjalin silaturahmi.

“Sharing informasi ini akan kita jadikan sebagai pelajaran, mana yang baik dari program para pemuda di Kabupaten Bandung akan kita terapkan di Dharmasraya, ” jelasnya.

Kata Hendra, beberapa desa yang ada di Kabupaten Bandung, pemerintah desanya selalu melibatkan pemuda dalam membangun desa. Bukan hanya dimanfaatkan kalau ada kegiatan tahunan saja, seperti 17 an, tetapi lebih daripada itu. Seperti di Desa Cingcin, para pemuda dilibatkan langsung oleh kepala desa dalam mengurus desa, para pemuda diberi ruang khusus untuk beraktualisasi dan melakukan aksi nyata membangun desa.

“Bumdes diserahkan pengelolaan ke pemuda, pengelolaan pasar, pujasera, parkir hingga proyek dari dana pemerintah diberikan ke pemuda. Ini sangat luar biasa, sehingga para pemuda mulai dari pemuda RT, RW terlibat langsung dalam membangun desa, ” tegasnya.

Apa yang telah kami dapatkan dari sharing Informasi ini akan kita bawa ke organisasi yang akan dirumuskan untuk langkah program nyata aspena kedepan.

“Hasil sharing informasi ini akan kita bawa ke organisasi dan kemudian kita sampaikan ke pemerintah nagari dan pemerintah daerah, ” jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Hendra mengucapkan ribuan terima kasih atas kesempatan dan support yang diberikan oleh bupati terhadap pemuda.

“Kami siap untuk terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam membangun nagari, ” tandasnya.

Ketua Pemuda lainnya, Bujang Chaniago, dalam kesempatan itu juga mengatakan bahwa kegiatan sharing informasi ini tidak sekedar jalan jalan saja, akan tetapi banyak yang bisa kita ambil dan kita bawa ke daerah untuk ikut serta berkontribusi dalam membangun nagari.

“Kita juga mengucapkan terimakasih banyak kepada bupati yang selalu ada untuk pemuda nagari, ” tandasnya.

Ketua Pemuda Sikabau, Erawadi, dalam momentum itu juga angkat bicara dan mengatakan bahwa sharing informasi ini menambah wawasan bagi kami sebagai ketua pemuda nagari dalam ikut membangun nagari khususnya Sikabau.

“Apa yang baik kami dapat disini akan kami terapkan ke nagari, ” tegasnya.

Erawadi juga mengucapkan ribuan terimakasih atas support dari pemerintah yang dalam hal ini Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, terhadap Aspena.

“Insya Allah kita akan selalu bersama dalam membangun daerah khususnya nagari kami, ” tandasnya.

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article