Senin, Mei 27, 2024

UNIVERSITAS INDONESIA JAJAKI KERJASAMA DENGAN PEMKAB DHARMASRAYA

Must read

Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, H. Adlisman, menerima delegasi Universitas Indonesia (UI) di ruang kerjanya, Pulau Punjung, Kamis (2/11/2023)

Delegasi yang dipimpin Kasubdit Kerjasama Akademik dan Pemerintah, Eko Sakapurnama itu dimaksudkan untuk menjajaki kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Dharmasraya yang bertujuan memajukan perkembangan daerah, terutama dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

“Terdapat tiga bidang yang kami tawarkan kepada Pemkab Dharmasraya, yaitu bidang pendidikan dan pelatihan, bidang kajian konsultasi dan layanan, serta bidang pengabdian masyarakat,” ujar Eko yang didampingi dua pejabat UI lainnya, yakni Kasubid Kerjasama Bisnis Strategis, Aswin Hadisumarto, dan Kasi Kerjasama Akademik dan Pemerintah, Suprapti.

“Di bidang pendidikan, Pemkab Dharmasraya nanti dapat meningkatkan kemampuan sumber daya pegawainya dengan cara memanfaatkan program S2, S3, ataupun vokasi yang tersedia di UI,” terangnya.

Selain dari jalur akademik, UI juga dapat membantu meningkatkan kemampuan pegawai, berupa pelatihan atau kursus singkat, seperti kursus legal drafting, akuntasi, ataupun ekonomi kreatif.

UI juga menawarkan kerja sama dalam hal kajian dan konsultasi sehingga kebijakan-kebijakan yang dihasilkan tepat guna dan tepat sasaran, seperti kajian rancangan anggaran daerah, ataupun kajian kinerja pegawai.

“Penggunaan teknologi informasi juga menjadi bagian penawaran kerja sama kita, seperti pembangunan sistem internal informasi kepegawaian, dan sistem informasi potensi pariwisata daerah,” jelasnya

Eko mengatakan, UI juga siap melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Dharmasraya untuk melakukan kegiatan pelayanan kesehatan, psikososial, serta kegiatan edukasi lainnya yang bertujuan meningkatkan kualitas masyarakat.

Sekda H. Adlisman menyambut baik kunjungan audiensi yang dilakukan oleh Universitas Indonesia di Kabupaten Dharmasraya.
Menurutnya, kedatangan Tim Kerjasama Universitas Indonesia itu merupakan suatu kehormatan bagi Pemkab Dharmasraya, mengingat UI merupakan salah satu institusi pendidikan terkemuka di negeri ini.

“Pada dasarnya semua yang ditawarkan UI melalui Pak Eko dan tim merupakan kebutuhan kita. Pertemuan ini selanjutnya akan kami laporkan kepada bapak bupati. Saat ini saya bersama sejumlah pejabat yang membidangi teknis penawaran kerjasama tersebut. Kita akan kaji dahulu apa yang menjadi prioritas kita. Mudah-mudahan dapat kita beri jawaban segera,” pungkasnya.

Pertemuan juga turut dihadiri Kepala Bapppeda, Paryanto, Kapala Dinas Kominfo, Kominfo Rovanly Abdams, Sekretaris Dinas Pendidikan, Harniyenti dan sejumlah pejabat lainnya.

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article