Sabtu, Juli 27, 2024

Usai Kunjungi Kubu Gadang, Menteri Sandiaga Uno Gelar Talkshow KaTa Kreatif

More articles

PADANG PANJANG,dutametro.com. — Usai Kunjungi Kubu Gadang, Menteri Sandiaga Uno Gelar Talkshow KaTa Kreatif.Usai melaksanakan kunjungan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 di Desa Wisata Kubu Gadang, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Dr. H. Sandiaga Salahudin Uno, MBA menggelar Talkshow Kabupaten Kota (KaTa) Kreatif, di Auditorium Mifan Waterpark, Sabtu (1/4).

Diikuti pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Padang Panjang, Mas Menteri Sandi juga didampingi Wakil Gubernur Sumatera Barat, Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt, M.Sc, M.M, IPM, ASEAN.Eng Datuak Rajo Pasisia Alam, dan Wali Kota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano.

Program KaTa Kreatif bertujuan untuk menggali, memanfaatkan, menumbuhkembangkan ekonomi kreatif unggulan daerah, serta membangun kesadaran dan komitmen seluruh pemangku kepentingan hingga tercipta ekosistem pengembangan KaTa Kreatif yang kondusif.

Pada paparannya, Sandi menyampaikan dalam mengembangkan ekonomi kreatif itu ada tiga hal yang harus dilakukan. Yaitu Inovasi, Kolaborasi dan Adaptasi. Selain itu, ia juga menjelaskan ada tiga G yang harus diterapkan juga yaitu Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama) dan Gaspol (Garap Semua Pontensi Online).

“Kota Padang Panjang memiliki daya tarik wisata yang banyak di sini. Tapi ekrafnya harus terus kita kembangkan ekosistemnya. Kita harap bisa kita fasilitasi agar bisa rampung semuanya segera. Mau itu sektor pertunjukkan atau sektor lain yang dipilih, bisa terus kita tingkatkan. Sehingga Padang Panjang bisa kita tetapkan sebagai jaringan Kota Kreatif Indonesia bergabung bersama Bandung, Jakarta, Pekalongan dan Ambon,” ujarnya.

Sandi juga berharap dengan kegiatan KaTa Kreatif ini dapat mendorong kolaborasi yang lebih kuat antara pentahelix ekonomi kreatif. Dengan cara mendorong subsektor unggulan menjadi penghela bagi subsektor ekraf lainnya. Sehingga dapat memperkuat peran pelaku ekosistem ekraf daerah menjadi tulang punggung perekonomian.

“Sekarang target kita yaitu pada 2024, terdapat 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” tuturnya lagi.

Disampaikannya juga, agar memanfaatkan peluang dan kesempatan, serta potensi yang ada di sekitar. Jadikan ilmu dan pengalaman sebagai guru yang bijak, niscaya industri kreatif dapat kembali bangkit.

“Kami yakin ini akan bisa meningkatkan ekonomi di sini. Sebagai kota perlintasan, dengan inovasi yang dilakukan Desa Wisata Kubu Gadang dan teman-teman ekraf lainnya, kita bisa optimis,” ungkap Wagub Audy.

Begitu juga dikatakan Wako Fadly, “Kita tidak akan menyerah. Dengan kunjungan Mas Menteri hari ini, sangat memotivasi kami untuk terus mencari potensi di Padang Panjang. Ini banyak sekali dan kami mohon asistensinya terus,” katanya. (shintia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest