Senin, Juli 22, 2024

Pj.Bupati Pulang Pisau Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rice Milling Unit

More articles

PULANG PISAU,dutametro.com.-Keseriusan Pemerintah Propinsi Kalimantan Tengah dalam upaya menjaga stabilitas ketahanan pangan dan upaya menjaga inflasi sekaligus meningkatkan Kesejahteraan masyarakat khususnya para petani yang ada di kawasan Food Estate di kabupaten Pulang pisau.

Pemprop Kalteng bekerjasama dengan Kementerian Pertanian RI telah merealisasikanya program upaya khusus ( Upsus) optimasi lahan rawa ( oplah ) sekuas 21 ribu hektar tahun 2024.

Selain itu Pemprop Kalteng juga telah melaksanakan pembangunan Rice Milling Unit ( RMU-RTR) atau Pabrik Penggilingan Padi Modern yang di bangun di Desa Pantik kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau, Rabu 3/4/2024.

Acara Peletakan batu pertama pembangunan Pabrik Padi modern ( Rice Milling Unit ) tersebut di hadiri oleh wakil gubernur Kalteng H.Edy Pratowo Penjabat Bupati Pulang pisau Hj.Nunu Andriani , Kapolres Pulang pisau,Kajari Pulang pisau , unsur Forkopimda, serta para tamu undangan lainya.

Dalam kesempatan tersebut Wagub menyampaikan bahwa dibangunya penggilingan padi modern tersebut antara lain bentuk program hilirisasi yang mana selama ini hasil pertanian di kawasan Food Estate selalu dibawa keluar daerah untuk di lakukan proses penggilingan dan pengemasan.

” Selama ini kan hasil panen berupa gabah kering giling kita dibawa ke luar provinsi untuk di proses dan diberi kemasan , setelah itu di kirim lagi ke wilayah kita untuk diperjual belikan, ini yang harus kita rubah , dengan dibangunnya Rice Milling Unit ini kedepan semua hasil padi kita olah sendiri di wilayah sendiri ” Ujar Wagub.

Sementara itu Penjabat Bupati Pulang Pisau Hj.Nunu Andriani mengungkapkan bahwa dirinya diamanahkan oleh gubernur untuk mensukseskan program optimasi lahan rawa seluas 21 ribu hektar dengan harapan bisa meningkatkan nilai produksi pertanian serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

” Dengan di bangunnya Rice Milling Unit ini tentu sangat memberikan manfaat bagi para petani kita khusus petani yang ada di kawasan Food Estate ini” terang Nunu.

Ia menambahkan sebelumnya nilai jual gabah kering giling para petani di jual dengan harga murah kepada pare pembeli dari luar daerah ,dengan adanya pabrik penggilingan padi modern ini para petani kita bisa mengolah sendiri hasil penen padi mereka dengan meningkat kualitas beras hasil panen dari beras medium menjadi beras premium. (R)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest