Bhabinkatipmas dan Babinsa serta Perangkat Desa cek Kandang

oleh -118 Dilihat

Guna mengantisipasi penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Polsek Udanawu Polres Blitar Kota menerjunkan personil Bhabinkamtibmas untuk melakukan pengecekan peternakan sapi milik warga ataupun kelompok peternakan di wilayah hukum Polsek Udanawu. Jum’at (03/06/2022)

Bhabinkamtibmas Desa Jati Bripda Sandy Yuda bersama dengan Babinsa Desa Jati Koptu Adi S. bersama sama dengan Perangkat Desa Jati Bapak Imam melaksanakan pengecekan langsung ke peternak hewan sapi guna mengantisipasi adanya wabah PMK.

Memang di beberapa daerah wabah PMK ini menyerang ternak sapi milik warga di Kabupaten beberapa daerah di Indonesia. Untuk itu diperlukan langkah langkah pencegahan agar virus PMK pada hewan ternak sapi atau kambing atau hewan ternak lainnya yang berkuku dua.

Untuk Wilayah Desa Jati Kecamatan Udanawu setelah di adakan pengecekan secara langsung dan berkoordinasi dengan pemerintah desa, sampai saat ini tidak di temukan hewan ternak sapi atau kambing milik warga desa Jati yang terinfeksi virus penyakit mulut dan kuku atau yang di sebut dengan PMK.

Bripda Sandi Yuda selaku Bhabinkamtibmas Desa Jati juga menghimbau agar warga masyarakat tidak perlu cemas dan khawatir dengan adanya wabah ini, karena penyakit ini bisa di obati, untuk itu perlunya kewaspadaan, apabila menemukan adanya gejala gejala PMK segera menghubungi Dokter hewan terdekat biar segera di tangani dengan baik. Yang penting lagi yaitu untuk pemilik ternak sapi harus sering sering membersihkan kandang dan menyemprotkan disinfektan untuk pencegahan pencegahan adanya PMK.

Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos., mengatakan, Polsek Udanawu bersama – sama dengan dinas terkait akan terus melakukan sosialisasi kepada peternak untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke ternak guna mencegah penularan virus PMK.

“Untuk akselerasi, Polsek Udanawu dan dinas terkait akan bersinergi untuk pendataan dan pengecekan guna mencegah penularan dan penyebaran PMK ternak agar tidak terjadi di Kabupaten Blitar Khususnya di wilayah Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar,” jelasnya

“Kami mengimbau peternak untuk melakukan memberikan suntikan vitamin pada hewan ternak dan penyemprotan disinfektan di kandang sapi,” ujarnya.

Lebih lanjut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos., berpesan kepada para peternak atau pedagang ternak untuk waspada jika hewan ternaknya memiliki gejala terpapar PMK. Jika terdapat sapi dicurigai tertular PMK segera melapor ke dinas terkait, agar dapat segera diantisipasi dan dicegah penularannya.(SA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.