Minggu, Mei 26, 2024

Sekda Mawardi Roska Buka Pertemuan Koordinasi Pokjanal Posyandu Se Kabupaten Pesisir Selatan

Must read

Pesisir Selatan, dutametro.com– Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan menggelar Pertemuan Koordinasi Pokjanal Posyandu se Kabupaten Pesisir Selatan di Triza Hotel, Kamis (2/11). Pertemuan itu dibuka oleh Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, Mawardi Roska dan dihadiri anggota Tim Penggerak-PKK, perangkat daerah terkait, walinagari dan bundo kanduang.

Dalam sambutannya, Sekda Pesisir Selatan, Mawardi Roska mengatakan, Posyandu adalah Kelompok Kerja yang tugas dan fungsinya saling terkait dalam pembinaan penyelenggaran pengelolaan Posyandu yang berkedudukan di pusat, provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan.

Sedangkan, kesehatan merupakan hak dasar setiap manusia, dan menjadi bagian dari pembangunan masyarakat secara keseluruhan karena kesehatan merupakan salah satu instrument dalam penentuan Indeks Pembangunan Manusia, Indikator Keberhasilan Pemerintah dan lainnya.

“Ya, atas nama Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan kami mengapresiasi serta menyambut baik pelaksanaan Pertemuan Koordinasi Pokjanal Posyandu se Kabupaten Pesisir Selatan ini, dan memberi saran agar di tahun 2024 diadakan Rapat Pokjanal Posyandu,” katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Apt Fitria, S.Farm mengatakan, Posyandu merupakan salah satu transformasi layanan primer. Transformasi ini diarahkan agar rangkaian pelayanan kesehatan di tingkat dasar/primer terintegrasi dengan meningkatkan layanan promotive dan preventif seperti memperkuat upaya pencegahan, deteksi dini, promosi kesehatan, membangun infrastruktur, melengkapi sarana, prasarana, SDM serta memperkuat manajemen di seluruh layanan primer.

“Pelayanan yang dilakukan berfokus pada sasaran siklus hidup dan mendekatkan akses ke masyarakat mulai dari tingkat dusun dan keluarga. Di tingkat kabupaten, keberadaan Pokjanal Posyandu sangat strategis dalam penerapan transformasi layanan primer, karena dalam perubahan ini perlu dukungan dari lintas sektor terkait kelembagaan dan dukungan system yang telah ada,” ungkapnya. Adm

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article