Kamis, April 18, 2024

Tinjau Desa Wisata Apar, Wagub : Desa Wisata Apar akan Menjadi Salah Satu Destinasi Wisata Terbaik di Sumbar

Must read

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, melaksanakan agenda kunjungan kerja, Selasa (04/01/2022) ke Desa Apar Pariaman. Desa yang baru saja menjadi juara IIIĀ  kategori Desa Digital pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 lalu, merupakan desa wisata pertama yang dikunjungi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno.

Pada peninjauan kali ini, Audy Joinaldy didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar dan disambut oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Pariaman, Marhen.

Desa Wisata Apar yang baru dimulai satu tahun lalu berhasil menjadi primadona baru dalam dunia kepariwisataan Sumatera Barat. Disampaikan oleh Marhen, prioritas pembangunan Desa Wisata Apar dimulai dari penjaringan SDM yang berusia muda untuk membentuk Pokdarwis (kelompok sadar wisata), dan baru dilanjutkan dengan pembangunan sarana dan prasarana.

“Kita memang sengaja membentuk karakter SDM nya terlebih dahulu. Karena SDM ini nanti yang akan menjalankan dan mengelola desa wisata ini. Ini kita lakukan agar apapun jenis pembangunan atau program kegiatan yang akan dilakukan nanti di sini bisa berjalan baik,” jelasnya.

Sementara itu Audy Joinaldy cukup terkesan dengan perkembangan Desa Wisata Apar, dan meminta agar semua potensi yang dimiliki dimanfaatkan dengan maksimal.

Sambil meninjau jogging track Desa Wisata Apar yang dikelilingi hutan mangrove, Audy meminta agar Desa Wisata Apar bisa terus berbenah dan meningkatkan atraksi yang dimiliki, untuk meningkatkan pengunjung sekaligus memberikan sumber income baru bagi masyarakat sekitar.

“Ditambah lagi atraksi dan kegiatan yang bisa dilakukan di Desa Wisata Apar ini. Supaya nanti juga bisa mengenerate income bagi masyarakat yang berkatifitas di sini. Manfaatkan semua potensi yang ada. Dengan begitu Desa Apar ini nanti bisa berkembang dengan pesat,” ujar Wakil Gubernur Milenial ini.

Terakhir, Audy juga menekankan kepada pengurus Pokdarwis Desa Apar untuk terus mengasah kreatifitas, agar Desa Wisata Apar tetap bisa mempertahankan posisinya sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik di Sumatera Barat.

“Kreatifitas itu limitless, jadi para generasi muda Desa Apar yang tergabung dalam Pokdarwis ini harus bisa berkreasi dan berinovasi secara terus menerus. Dan jangan lupa, tularkan juga kreatifitas itu ke lingkungan. Insya Allah Desa Wisata Apar ini akan menjadi salah satu destinasi wisata yang mampu memberikan best vacation experience di Sumatera Barat,” tutup Wakil Gubernur yang baru saja meraih gelar Doktor ini.

Dinas Kominfotik Sumbar

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article