Senin, Mei 20, 2024

Dosen Departemen Ilmu Agama Islam FIS UNP Jadi Juri MTQMN XVII Tahun 2023

Must read

Padang, Dutametro.com – Dosen Departemen Ilmu Agama Islam FIS UNP Jadi Juri MTQMN XVII Tahun 2023.Dosen Departemen Ilmu Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Univesitas Negeri Padang (UNP) Dr. H. Ahmad Kosasih, M.Ag ditunjuk menjadi juri Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional MTQMN XVII tahun 2023 yang dilaksanakan di Universitas Brawijaya, Malang. Jawa Timur.

Adapun penunjukan ini tertuang dalam surat Keputusan Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 1660/J7.1/PN.00/2023 Tentang Pembentukan Dewan Pengawas, Dewan Hakim Dan Panitera Musabaqoh Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) Ke-XVII Tahun 2023 yang di tandatangani oleh Asep Sukmayadi, Rabu (23/9/2023) di Jakarta.

Pria yang kerap disapa Pak Sas ini ketika dihubungi lewat pesan Whatsapp mengaku merasa bersyukur bisa ditujuk mewakili UNP, Departeman IAI FIS menjadi juri MTQMN XVII th 2023 ini.

“Saya bersyukur dapat mengabdikan sedikit pengetahuan di bidang Tilawatil Qur`an dan Perhakiman (Penjurian) baik kepada masyarakat kampus (UNP, Dep. IAI FIS,red) maupun masyarakat umum,” paparnya.

Ia juga berharap adanya semacam wadah pemebinaan MTQ di UNP khususnya Dep IAI FIS baik itu bernama LPTQ, Pusat Kajian Al-Qur`an yang dikembangkan dengan Divisi-Divisi seperti: Kajian Tilawah, Kajian Tafsir, PerMTQan dll atau nama lain sesuai dengan nomenkelatur Kampus seperti pada PT-PT lainnya di Indonesia.

“Jadi, pembinaan Qari/ah dan cabang-cabang MTQ lainnya tdk hanya dilakukan secara sporadis tapi terstruktur, bersistem dan berkesinambungan. Itu harus dikerjakan dan didukung secara bersama-sama. Motornya harus diserahkan kepada orang2 yang punya pengetahuan dan pengalaman di bidang itu, lalu didukung oleh yang lainnya. Basamo makok manjadi. Kemudian ini juga bisa dikembangkan ke dalam bentuk Laboratorium. Misalnya Labor Tilawatil Qur`an. Kan satu Prodi boleh memiliki lebih dari satu labor. Atau semacam “Bengkel Tilawah”,” tambahnya. Hms

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article