Jumat, Februari 23, 2024

Banjir Panapa, Danny Ismaya minta Pembangunan jembatan dan normalisasi Sungai yang representatif ke Gubernur

Must read

Lubuk Sikaping, dutametro.com-Banjir Panapa, Danny Ismaya minta Pembangunan jembatan dan normalisasi Sungai yang representatif ke Gubernur. Beberapa minggu yang lalu, Sungai Panapa meluap mengakibatkan banjir sampai mengenangi beberapa fasilitas umum dan rumah warga, kejadian ini langsung ditanggapi Wakil Ketua DPRD Pasaman, dengan berkoordinasi dengan semua pihak, termasuk Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah SP.

Hari ini dalam kunjungan Gubernur Sumbar Ke Pasaman, Danny mengajak rombongan Gubernur memantau ke lokasi kejadian, kunjungan Gubernur juga didampingi oleh Bupati Pasaman, Sabar AS, pada kesempatan tersebut, kepada Gubernur Danny meminta dua hal sebagai solusi dari bencana banjir yang musiman terjadi di sungai Panapa, usulannya yang pertama normalisasi sungai, dan pembuatan jembatan yang ideal,” ujar Wakil Ketua DPRD kabupaten Pasaman itu.

Normalisasi sungai adalah salah satu solusi jangka panjang yang paling efektif untuk mengatasi banjir sungai meluap. Normalisasi sungai dilakukan dengan memperlebar dan memperdalam sungai, serta membersihkan sedimen dan sampah yang menyumbat sungai. Hal ini dilakukan agar sungai dapat menampung lebih banyak air tanpa meluap,” ujar Ninik mamak Ambacang Anggang ini.

Sarjana pertanian Universitas Andalas ini menambahkan, selain normalisasi perlu juga pembuatan jembatan representative yang ideal sehingga bisa menahan dampak banjir.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyambut positif permintaan politisi keadilan sejahtera ini, lalu meminta Pemkab Pasaman menyediakan dokumen peremcanaan untuk diusulkan.

Setelah dari lokasi Panapa rombongan akan bertolak menuju Mapat Tunggul selatan tempat terjadinya bencana longsor yang berakibat pada masyarat setempat.(Fajri)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article