Kamis, Mei 30, 2024

Wakil Ketua DPRD Pasaman dukung pelestarian keseniaan Randai Mudo Sakato Aia Manggih selatan

Must read

Lubuk Sikaping,dutametro.com- Danny Ismaya SP Sandaran memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan dan pelestarian kesenian Randai di Nagari Aia Manggih Selatan. Hal ini disampaikannya dalam kunjungan ke Nagari tersebut pada hari Sabtu (30/3/2024) dan melihat langsung latihan grup randai Mudo Sakato.

“Randai merupakan salah satu kesenian tradisional Minangkabau yang sangat penting untuk dilestarikan. Kesenian ini tidak hanya mengandung nilai-nilai budaya dan sejarah, tetapi juga dapat menjadi daya tarik wisata bagi Nagari Aia Manggih Selatan,” ujar Danny yang juga ninik mamak Ambacang Anggang ini.

Dalam kunjungannya, Danny berkesempatan untuk menyaksikan latihan pertunjukan Randai yang dibawakan oleh kelompok seni Randai Mudo sakato di Nagari Aia Manggih Selatan. Ia pun memberikan apresiasi kepada para seniman Randai atas dedikasinya dalam melestarikan kesenian tradisional ini.

“Saya sangat terkesan dengan pertunjukan Randai yang tadi saya saksikan, jarang jarang anak muda mampu melestarikan tradisi Randai ini. Para seniman Randai di Nagari Aia Manggih Selatan sangat berbakat dan memiliki semangat yang tinggi untuk melestarikan kesenian ini,” katanya

Lebih lanjut, Danny menyatakan komitmennya untuk membantu pengembangan dan pelestarian kesenian Randai di Nagari Aia Manggih Selatan. Ia akan mencoba memperjuangkan anggaran di DPRD Pasaman untuk mendukung kegiatan-kegiatan kesenian Randai di nagari tersebut.

“Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu pengembangan dan pelestarian kesenian Randai di Nagari Aia Manggih Selatan dan Pasaman. Saya yakin, dengan dukungan dari semua pihak, kesenian Randai di Nagari ini akan semakin berkembang dan dikenal luas oleh masyarakat,” ungkapnya

Sebagai bentuk dukungan konkrit, Danny menyerahkan sedikit bantuan dana kepada kelompok seni Randai di Nagari Aia Manggih Selatan. Bantuan dana tersebut diharapkan dapat digunakan untuk mendukung kegiatan latihan, pertunjukan, dan pengembangan kostum Randai.

Selain itu, Danny akan membantu mempromosikan kesenian Randai di Nagari Aia Manggih Selatan dan Pasaman kepada wisatawan domestik dan mancanegara.

“Saya akan membantu mempromosikan kesenian Randai di Nagari kita melalui berbagai media, seperti media sosial dan website. Saya yakin, dengan promosi yang gencar, kesenian Randai di nagari ini akan semakin diminati oleh wisatawan, ini juga seiring dengan Visi Pemerintahan Kabupaten Pasaman ini yang ingin menarik wisatawan,” pungkasnya.(Fajri)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article