Selasa, April 16, 2024

Manfaatkan Kelalaian Petugas, Napi Bandar Sabu Kabur Usai Jalani Operasi di RS

Must read

Aceh Timur, Dutametro.com – Meskipun dalam pengawalan petugas seorang pria mantan anggota DPRK bernama Usman Sulaiman, napi binaan di Lapas Idi, Aceh Timur kabur usai menjalani operasi tumor dirumah sakit. Kaburnya napi tersebut dikarenakan kelalaian dari petugas jaga.

Menurut Plh Kakanwil Kemenkumham Aceh Rakhmat Renaldy, mengatakan “Terkait kelalaian kami pastikan betul, karena bagaimana pun napi yang dalam pengawalan untuk kepentingan perawatan sakit tidak boleh lengah dalam kesempatan apapun,” katanya, Senin (5/6/2023).

Kemudian Rakhmat menjelaskan, pihaknya akan memeriksa petugas jaga saat Usman kabur. Sementara itu petugas yang lalai disebut akan disanksi.

Dijelaskan Rakhmat, “Dalam hal ini baik sengaja ataupun tidak tetap akan kami lalukan pemeriksaan pelanggarannya. Komitmen kami akan melakukan tindakan yang tegas terhadap kelalaian petugas ini,” ujarnya.

Selanjutnya selain itu, kata Rakhmat, pihaknya juga akan memeriksa berkas-berkas terkait Usman berobat. Pengecekan itu disebut dilakukan untuk mengetahui keberadaan dokumen tersebut.

“Masih dalam proses pemeriksaan tentang kebenaran dokumennya,” ujarnya.

Seperti sebelumnya, Usman kabur saat berobat di rumah sakit. Sementara dia kabur setelah berpura-pura hendak ke kamar mandi.

Sementara itu Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Aceh Yudi Suseno, mengatakan “Kaburnya tadi subuh di rumah sakit pasca operasi tumor,” katanya, Sabtu (3/6).

Adapun Usman dibawa ke Rumah Sakit Zubir Mahmud pada Rabu (31/5) sore dengan didampingi petugas lapas. Sehari berselang, dia disebut menjalani operasi selama satu jam.

Sedangkan petugas lapas secara bergantian menjaga Usman. Hanya saja pagi tadi, Usman disebut meminta seorang petugas jaga untuk membuka borgolnya dengan alasan hendak ke kamar mandi.

Kemudian dia disebut diantar ke kamar mandi dan dijaga petugas dari luar. Setelah lama menunggu, petugas curiga karena Usman tidak kunjung ke luar. Barulah ketika di cek ke dalam, Usman sudah tidak berada di lokasi.

Disebutkannya, “Dia kabur dengan memanfaatkan petugas jaga salat Subuh,” jelasnya.(H.A)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article