Kamis, Mei 30, 2024

BKSP DPD RI Dukung Penguatan Hubungan Bilateral RI-Inggris

Must read

Jakarta,dutametro.com.-BKSP DPD RI Dukung Penguatan Hubungan Bilateral RI-Inggris.Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI berharap Pemerintah Indonesia bisa meningkatkan kerja sama hubungan bilateral dengan Inggris. Peningkatan bilateral ini dinilai sangat penting karena mampu meningkatkan perekonomian daerah.

“Hubungan antara Indonesia dan Inggris telah menjadi salah satu sejarah yang penting. Saya ingin menekankan pentingnya kemitraan ini dan menyoroti bidang kerja sama potensial yang dapat semakin memperkuat hubungan kita,” ucap Ketua BKSP DPD RI Sylviana Murni di Nusantara III Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (6/7).
Sylviana Murni menambahkan demi memajukan kepentingan bersama, kedua negara dapat melakukan kerja sama di bidang perdagangan dan investasi. Hal ini tentunya berfungsi sebagai pilar penting dalam kerja sama bilateral kedua negara.

“Sebagaimana kerja sama terbaru antar Pemerintah Inggris dengan kawasan Dolly di Surabaya, Jawa Timur untuk menjadi future cities dan industri produktif. Ini juga dapat diterapkan ke beberapa kota dan kabupaten lainnya di Indonesia seperti Pulau Sabang, Aceh yang penuh dengan potensi hayati,” kata Sylviana Murni.

Sylviana Murni juga berterimakasih kepada perwakilan dari The British Embassy yang telah menjadi jembatan untuk Kota Surabaya dan Liverpool untuk menjadi sister city. “Dengan demikian kita dapat bertukar pengalaman dan kepemimpinan Pemerintah Inggris di berbagai bidang seperti kesehatan, inovasi digital, dan industri kreatif yang dapat menjadi sumber daya berharga bagi Indonesia ke depannya,” imbuhnya.

Selain itu, kolaborasi pendidikan dan penelitian juga dinilai menjanjikan untuk dilakukan kerja sama. Sistem pendidikan Inggris terkenal di seluruh dunia, dan pelajar Indonesia mendapatkan banyak manfaat dari belajar di universitas ternama. “Kami juga berharap dapat lebih memperluas program pertukaran pelajar, kemitraan penelitian, dan kolaborasi akademik untuk ke depannya,” harap Sylviana Murni.

Sementara itu, Anggota DPD RI Asal Provinsi Banten TB M Ali Ridho Azhari mengatakan bahwa ia mendukung adanya kerja sama kedua negara bidang olah raga khususnya sepak bola. Menurutnya kerja sama di bidang tersebut sangat membantu perkembangan sepak bola di Indonesia. “Kami berharap bisa menjalin kemitraan di sektor sepak bola. Ini sangat penting untuk perkembangan sepak bola kita,” harapnya.

Di kesempatan yang sama, Anggota DPD RI dari Provinsi Sulawesi Selatan Lily Amelia Salurapa juga berharap Kabupaten Tana Toraja bisa menjadi sister city seperti Surabaya. Menurutnya Provinsi Sulawesi Selatan memiliki beragam potensi hasil pertanian dan kental akan budayanya. “Saya juga berharap Tana Toraja bisa menjadi sister city karena kita memiliki berbagai potensi pertanian dan budaya,” ujarnya.

The Deputy Ambassador of British Embassy Matthew Downing mengatakan bahwa pihaknya bangga menjadi mitra dialog dengan Asean di mana Indonesia memegang peran penting. Dalam kaitannya G to G pihaknya juga mendukung kerja sama UK-Indonesia Partnership Roadmap 2022 to 2024. “Kami mendukung rencana yang ada di Asia terutama di Indonesia. Ke depannya kami juga akan meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan, investasi, energi, pendidikan, dan sepak bola,” imbuhnya.

 

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article