Pemkab Solok Selatan berikan sejumlah bantuan di Pakan Rabaa Timur

oleh -76 Dilihat
Bupati dan Wakil Bupati yang tertuang dalam RPJMD,” kata Khairunas Saat Menyalurkan Bantuan di Nagari Pakan Rabaa Timur, Kecamatan KPGD,Foto Metriadi
Pemerintah Kabupaten Solok Selatan terus berupaya untuk memberantas kemiskinan yang masih terjadi di tengah masyarakat. Beberapa upaya yang dilakukan melalui sektor pertanian, sektor usaha, dan sektor pendidikan hingga intervensi langsung.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan sudah menjadi tugas dari pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Terlebih saat ini di Solok Selatan masih terdapat masyarakat yang berada dalam garis kemiskinan.

“Tugas pemerintah adalah memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat, sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati yang tertuang dalam RPJMD,” kata Khairunas di Nagari Pakan Rabaa Timur, Kecamatan KPGD, Selasa (6/12/2022).

Beberapa upaya yang dilakukan yakni di bidang pendidikan dengan memberikan seragam gratis untuk siswa baru SD, SMP/MTs, SMA/SMK/MAN, dan sekolah swasta. Ini dilakukan guna mengurangi beban orang tua dan memotivasi siswa agar semakin giat belajar.

Kemudian di sektor usaha, pemerintah berupaya untuk menumbuhkembangkan pelaku UMKM melalui kegiatan-kegiatan. Pelaku UMKM juga diajak untuk aktif dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Selanjutnya di sektor pertanian dan peternakan, saat ini pemerintah sedang giat-giatnya melakukan penanaman sorgum hingga mendapatkan perhatian langsung dari Wakil Menteri Pertanian dengan kunjungannya.

“Tanaman sorgum ini kami lihat sebagai peluang untuk meningkatkan taraf kehidupan dan ekonomi masyarakat di Solok Selatan. Bagi masyarakat yang memiliki lahan silahkan dimanfaatkan untuk menanam sorgum ini,” imbuh Bupati.

Upaya terakhir yang dilakukan pemerintah yakni dengan intervensi langsung melalui bantuan-bantuan sebagai stimulan bagi masyarakat yang perekonomiannya rentan.

“Saya berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat agar tingkat sosial ekonominya maupun kesehatan menjadi lebih baik. Dan yang terpenting merubah pola pikir dan sikap mental kita dari ketergantungan atau pola hidup konsumtif menjadi mandiri dan produktif,” tandasnya.

Sementara itu, Wali Nagari Pakan Rabaa Timur Nasril menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah atas bantuan yang diberikan. Pemerintah Nagari juga aktif memberikan bantuan senilai Rp 1,5 juta per keluarga dalam bentuk barang sejak 2019 lalu.

“Tahun 2019 kita berikan bantuan untuk 210 KK. Tahun 2020 tidak ada karena Covid. Kemudian tahun 2021 sebanyak 87 KK. Dan tahun 2022 ini juga diberikan kepada 137 KK. Total keseluruhan mencapai 454 KK, atau mencapai 47% dari total KK di Pakan Rabaa Timur,” ungkap Nasril.

“Terima kasih atas bantuan sambungan internet yang telah diberikan Pemerintah Kabupaten bekerja sama dengan PT PLN Icon Plus. Di nagari telah ini telah disambungkan oleh Dinas Kominfo ke Kantor Wali Nagari serta SMP N 15 Pinti Kayu,” kata Nasril di kesempatan yang sama.

Penyambungan internet ini nantinya akan dilanjutkan di rumah-rumah penduduk melalui Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag). Ini merupakan upaya pemerintah untuk mengatasi blankspot di Solok Selatan.

Nasril juga menyampaikan terima kasihnya atas dokumen lingkungan yang disusun oleh Pemerintah Kabupaten untuk ruas jalan Sapan Salak-Sungai Pangkua sepanjang lebih dari 8 kilometer. Dan menurutnya sejauh ini tidak ada warga yang meminta ganti rugi.

Dalam kegiatan ini diserahkan berbagai macam bantuan kepada masyarakat, bantuan dari Baznas Solok Selatan diantaranya 2 unit bedah rumah, masing-masing senilai Rp 25 juta, dan 1 unit bedah rumah senilai Rp 16 Juta.

Selain itu, juga diserahkan beasiswa pendidikan dari Baznas, Bantuan Alsintan, BLT dana desa berupa uang tunai, BLT Dinsos Prov, Bantuan bibit pertanian dr dinas pertanian, serta Bantuan pengentasan blankspot. (Med)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.