Selasa, Mei 21, 2024

Berkolaborasi dengan Ruang Tumbuh Institute, IDF Gelar Lawatari di ISI

Must read

PADANG PANJANG, dutametro.com.— Berkolaborasi dengan Ruang Tumbuh Institute, IDF Gelar Lawatari di ISI.Indonesian Dance Festival (IDF) berkolaborasi dengan Ruang Tumbuh Institute menggelar kegiatan Lawatari di Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Rabu (6/12) hingga Kamis (7/12).

Program Lawatari digagas IDF agar terhubung dengan pegiat seni pertunjukan melalui pementasan karya. Padang Panjang menjadi pilihan selain Makassar dan Yogyakarta, sebagai bagian dari Road to IDF 2024.

Hal ini mengemuka pada jumpa pers Lawatari yang dihadiri pendiri IDF, Nungki Kusumastuti, Direktur IDF, Ratri Anindyajati secara Zoom Meeting, Direktur Ruang Tumbuh, Roza Muliati, dan Rektor ISI, Dr. Febri Yulika, S.Ag, M.Hum.

Febri Yulika mengapresiasi kehadiran IDF di ISI yang diharapkan berdampak terhadap kreativitas mahasiswa. “Saya pikir IDF telah memberi warna. ISI sangat mendukung kegiatan ini dan berharap kegiatan ini terlaksana secara berkelanjutan,” ujarnya.

Nungki Kusumastuti mengatakan, IDF pertama kali diadakan pada 1992 oleh beberapa figur tari kontemporer yang terafiliasi dengan Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Festival ini digagas sebagai laboratorium talenta dan karya dalam ekosistem tari kontemporer di Indonesia.

Saat ini, sebutnya, ada regenerasi dalam tubuh IDF. Namun ada komunikasi yang terjaga dengan baik antara senior dengan yang muda. “Kita sadar dengan perubahan, tapi mesti disikapi dengan bijak. Cita-cita yang dari awal berdirinya IDF mesti diwujudkan,” sebutnya.

Adapun kegiatan Lawatari yang diselenggarakan di ISI di antarannya Gelar Arsip Vasana Tari Melipat Jarak Merajut Keterhubungan, Masterclass oleh Hari Ghulur, Bincang Tari: Merajut Ragam Tata Kelola Produksi dengan pembicara Ery Mefri, Hartati, Ratri Anindyajati, dan Roza Muliati

Lalu, Pertunjukan Tanangan oleh Kurniadi Ilham, Bincang Karya dengan pembicara
Kurniadi Ilham, dimoderatori Linda Mayasari dan penanggap Dr. Susasrita Loraviantiz.

Pada Kamis bakal ada Pameran Arsip, Masterclass oleh Kurniadi Ilham, Lokakarya Seni Tata Kelola dengan tema Merakit Ruang untuk Tumbuh bersama Linda Mayasari dan Renata Rosari. Pukul 20.00 WIB terdapat sajian Pertunjukan SILO oleh Hari Ghulur. Bincang Karya dengan pembicara Hari Ghulur yang dimoderatori Oscar Ridho dan penanggap Ali Sukri. (harris)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article