Sabtu, Februari 24, 2024

Satlinmas, Orang Tangguh yang Amankan Solsel

Must read

Solsel,dutametro.com. – Bupati Solok Selatan H. Khairunas menyebut Satuan Perlindungan Masyarakat alias Satlinmas sebagai orang-orang tangguh yang menjaga keamanan di lingkungan sekitar. Sehingga kehadiran sosok ini menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan dari pemerintah.

Hal ini disampaikan Bupati dalam pembukaan Penguatan dan Peningkatan Kapasitas Satlinmas di Hotel Pesona Alam Sangir, Rabu (7/2/2024).

“Pemerintah sangat terbantu dengan keberadaan Satlinmas, tugasnya untuk berkoordinasi dengan berbagai tingkatan mulai dari masyarakat hingga pemerintah dan bagian pemerintah merupakan komponen terdepan. Ada orang tangguh yang mengamankan,” kata Khairunas siang ini.

Menurutnya, Satlinmas juga merupakan deretan orang baik yang secara ikhlas melakukan pekerjaan demi keamanan dan kebaikan daerah.

Untuk itu perlu dilakukan peningkatan kapasitas agar Satlinmas ini semakin paham mengenai wewenang dan kewajibannya. Agar ke depannya semakin baik dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

Ke depan, Bupati mengharapkan peningkatan kapasitas ini bisa terus dilakukan secara bertahap. OPD terkait juga diharapkan bisa memberikan pengawasan terhadap kinerja Satlinmas ini.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan, sikap, dan perilaku anggota Satlinmas. Selaian itu juga untuk meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas.

Selain untuk menjaga ketertiban di masyarakat, setelah pelatihan ini Satlinmas juga diharapkan bisa membantu dalam penanggulangan bencana di lingkungannya.

Pelatihan dan peningkatan kapasitas ini dilaksanakan dalam dua gelombang selama tiga hari, yakni 6-8 Februari 2024. Gelombang pertama diikuti oleh 109 orang dan kedua sebanyak 83 orang yang seluruhnya berasal dari Satlinmas nagari se-Solok Selatan.

Narasumber dari kegiatan ini menghadirkan dari Polres Solok Selatan, Kejaksaan Negeri Solok Selatan, Satpol PP dan Damkar, serta Dinas Sosial-PMD. (Med)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article