Rabu, April 17, 2024

DPRD Padang Gelar Bimtek Untuk Pimpinan dan Anggota

Must read

Bukittinggi, Dutametro.com – DPRD Kota Padang adakan bimbingan teknis (bimtek) dan peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang sebagai awal Pembukaan masa sidang I ditahun 2023.

Bimtek yang digelar DPRD Padang ini berlangsung selama tiga hari, dimulai Selasa 7 Maret 2023, di salah satu hotel di Bukittinggi, dengan pemateri dari Universitas Tamansiswa Padang.

Bimtek peningkatan kapasitas DPRD Kota Padang. (Foto: ist)

Dikesempatan tersebut, Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani, menuturkan tujuan diadakannya pelaksanaan bimtek adalah untuk pendalaman tugas pimpinan dan anggota DPRD Padang.

“Mengingat, sebagai lembaga legislatif, DPRD memiliki tugas, peran dan tanggungjawab dalam menyukseskan pembangunan daerah serta meningkatkan kesejahteraan rakyat”, ucap ketua DPRD Kota Padang.

Kemudian, usai pembukaan Bimtek yang disampaikan Syafrial Kani kepada Peserta bimtek. Ketua DPRD Padang menyampaikan Materi pembahasan tentang pendalaman UU No.1 tahun 2022 tentang hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah.

Selanjutnya, optimalisasi dan wewenang DPRD dalam perencaan pengawasan keuangan daerah. Dimana mekanisme pembahasan KUA-PPAD APBD tahun anggaran 2024 dan teknik dan tata cara penyusunan KUA-PPAS.

Dikatakan, keempat materi itu sangat penting dan relevan dengan perkembangan kondisi pemerintahan Kota Padang.

“Kami berharap narasumber memberikan materi secara komprehensif, sehingga menambah pemahaman dan pengetahuan kami,” ujar Syafrial Kani.

Sementara itu, Sekretaris DPRD, Hendrizal Azhar mengatakan tujuan dan manfaat bimtek agar pimpinan dan anggota DPRD mengetahui dan memahami peraturan perundang-undangan, terkait dengan tugas, fungsi dan wewenang.

Tak hanya itu, Bimtek ini juga bertujuan agar pimpinan dan anggota DPRD memiliki pemahaman mekanisme dan tata cara penyusunan KUA-PPAS dan penetapan APBD 2024. (adv)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article